Kenali Segudang Masalah Pada Kondisi Filter Udara Motor Kita

filter_jupiter_mx

Pembaca sekalian, kadang kala kita lupa jika berinvestasi tentang sesuatu itu lebih mahal dari yang kita beli. Contohnya saja dalam hal ini motor, banyak yang beranggapan perawatan yang dilakukan pada motor hanya akan semakin memperbesar pengeluaran kita sendiri. Namun banyak pula yang lupa, jika perawatan motor dikesampingkan akan ada kerugian lain yang lebih besar dari perawatan rutin tersebut.

Filter udara, banyak orang yang masih kurang menyadari akan pentingnya kebersihan filter itu sendiri. Filter berfungsi sebagai penyaring pasokan udara yang masuk dalam sistem pengakabutan yang kemudian diolah dalam dapur pacu motor. Kelalaian dalam membersihkan bagian yang sepele ini akan menimbulkan dampak besar bagi performa motor secara keseluruhan.

Kondisi filter udara yang kotor akan menghambat pasokan udara yang dibutuhkan oleh karburator, sehingga power mesin akan serasa tertahan oleh sesuatu yang kemudian menyebabkan gejala mrebet. Tak hanya itu, jika tak segera diketahui dan segera dilakukan perawatan maka campuran udara dan bahan bakar menjadi tak seimbang.

Hal ini menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros dari keadaan normal. Efek lainnya adalah overheat dimana campuran tak sempurna membuat panas berlebih pada ruang bakar. Begitu juga saat kondisi filter udara sobek, udara kotor yang tak lagi bisa difilter akan menimbulkan kerak karbon pada ruang bakar. Menyebabkan motor menjadi tak lagi bertenaga.  Kerusakan yang lebih besar akan terjadi pada kelalaian kecil seperti ini. (fnc)

___________________

Berita Terkait :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

3 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *