Kawasaki Ninja 250 FI Pimpin Penjualan Terbanyak Sport 250cc di Bulan Oktober 2017

Motomaxone.com — Pembaca sekalian, persaingan motor di kelas sport fairing 250cc 2 silinder memang cukup sengit. Kawasaki yang sebelumnya merajai penjualan dalam tiga bulan terakhir, ternyata masih cukup kuat menghadapi gempuran kompetitor yang secara produk lebih fresh dengan bermacam fiturnya.

Di bulan oktober 2017 lalu, Ninja 250 versi injeksi masih bisa dibanggakan oleh Kawasaki Indonesia. Pasalnya, ninja 250 FI kembali menorehkan penjualan tertinggi sebanyak 412 unit untuk bulan lalu. CBR250RR yang menjadi rival terkuat ninja saat ini, masih harus bersabar dengan angka penjualan 350 unit.

Berbeda dengan Yamaha R25, motor ini paling tidak laku dari dua kompetitornya di kelas 250cc 2 silinder. R25 hanya menyumbang 146 unit saja untuk penjualan yamaha di kelas sport 250cc ini.

Meskipun ninja masih merajai penjualan, namun di bulan oktober lalu kecenderungan penjualannya memang menurun dari bulan sebelumnya (September). Baik Kawasaki, Honda dan Yamaha sama-sama mengalami penurunan jumlah penjualan pada oktober lalu dibandingkan bulan sebelumnya. Alhasil hingga oktober 2017, kawasaki sukses menjual ninja 250 fi sebanyak 7100 unit, sedangkan Honda mampu menjual 6.708 unit dan Yamaha hanya bisa menjual R25 sebanyak 1.445 unit.

Kuatnya ninja 250 dalam penjualan tak lain karena jam terbangnya yang lebih lama ketimbang dua kompetitornya. Kawasaki Ninja 250 FI menurut admin mampu menghadirkan motor 250cc yang proporsional secara desain, elegan dan enak dipandang mata. Jadi tidak kaget jika hingga sampe sekarang penjualannya masih tergolong cukup tinggi.

Bagaimana dengan CBR250RR ? kurang jam terbang. Perlu membentuk komunitas dan sebagainya untuk membangun brand image CBR250RR sendiri. Apalagi kelas motor seperti ini tidak bisa dianggap murah, karena banderol harganya sendiri sudah cukup tinggi.

Yamaha R25 ? tidak ada cara lain selain harus mengikuti tren yang dibangun oleh kompetitornya. Meskipun memiliki performa mesin yang lebih baik dari ninja yaitu Ninja 250 FI 32 PS, R25 36 PS, CBR 250RR 38 PS namun masih ada CBR yang memiliki performa lebih baik. Desain R25 juga nggak se premium Ninja 250 FI jadi pantas jika dalam persaingan, R25 harus menjadi yang terakhir. Kuncinya jangan membuat desain tanggung, perbaiki fitur yang dimiliki dengan menyuguhkan perbedaan, dan performa yang kompetitif.

Faktor X berupa kualitas pelayanan dan sebagainya tentu menjadi faktor penentu lainnya akan kekalahan R25 dalam hal ini.

So akan menjadi menarik nih. Kekuatan ninja 250 yang memiliki teknologi lebih lama ternyata tidak serta merta membuat penjualan CBR 250RR melejit. Apalagi jika kawasaki jadi meluncurkan ninja 250 terbaru 2018 di indonesia. R25 juga demikian adanya, tidak ada alasan bagi Yamaha untuk tidak menyegarkan R25 jika ingin bersaing di skala nasional. Yang jelas pelayanan aftersales ketiganya akan menjadi pendukung akan penentuan pilihan konsumen. (red)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *