Jelang Valencia 2015…. Duel Barisan Depan Bakal Sengit Oleh Gangguan Duo Repsol…. Awali Start Buncit Ending Rossi Akan Lebih Berkesan…

rossi_valencia

Selamat siang pembaca sekalian, seri GP Valencia tinggal beberapa jam lagi untuk ditayangkan. Beberapa tempat nonton bareng bahkan mulai sesak dengan booking an beberapa club atau komunitas yang menggelar acara nonton bareng. Tak ketinggalan pula ATPM seperti diler-diler sub cabang dimalang pasti beberapa mulai mempersiapkan untuk nonton bareng sore nanti.

GP Valencia akan menjadi histori yang bakal melekat kuat dalam sejarah motogp dari kejadian-kejadian sebelumnya yang diluar dugaan berbau konspirasi untuk menghambat Valentino Rossi menggapai gelar juara dunianya ke 10. Terkait duelnya dengan Jorge Lorenzo memperebutkan gelar juara dunia tahun ini, Rossi hanya memiliki kans juara sebesar 25% berbeda dengan Lorenzo yang memilki kans cukup besar hingga 75%.

Namun meskipun Rossi akhirnya menjalani hukuman dengan start di posisi paling buncit nanti sore besar kemungkinan Rossi merangsek ke posisi tengah hingga mendekati barisan depan bisa jadi lebih cepat dari perkiraan. Posisi start menjadi kunci pembuka Rossi untuk mencuri kesempatan…. jika start Yamaha M1 The Doctor cukup baik maka dari posisi 26 dengan beberapa tikungan pembuka, rossi bisa mengambil 10 posisi bahkan lebih secara langsung. Selebihnya dalam 30 laps yang bakal dijalani tergantung konsistensi the doctor nih memanfaatkan kelebihan skill yang dimiliki.

valencia_map

Sirkuit valencia memiliki total 14 tikungan. 1 tikungan pada turn 13 berkarakter parabolik, maka skill spinning pembalap sangat bermanfaat untuk mengovertake lawan atau sekedar mendekati lawan lebih cepat. Bisa jadi Rossi akan memanfaatkan tikungan parabolik ini dengan mengasah skill sliding nya… artinya setting traction control pada motor harus disetting lebih rendah alias tidak mendominasi. Jika faktor ini yang menjadi poin andalan Rossi maka penggunaan ban dengan compound hard atau extra hard sangat diperlukan sejauh kondisi cuaca menguntungkan.

Disisi lain, tikungan patah dengan daya pengereman yang keras atau biasa disebut dengan hard braking point juga harus menjadi perhatian sendiri bagi tim yamaha terutama Lorenzo. Urusan hard braking, Honda dan Ducati memiliki kelebihan dibandingkan Yamaha maka potensi gangguan pada Jorge Lorenzo cukup besar dari tim repsol Honda baik Pedrosa dan Marquez. Bahkan bagi FN, Pedrosa cukup potensial menggeser dominasi Lorenzo di posisi depan mengingat record juara valencia dengan pembalap yang masih aktif saat ini diduduki oleh Dani Pedrosa dengan jumlah 3x juara seri valencia. Tak hanya Dani, kesempatan Marquez mengusik pun juga cukup besar dengan gaya bertarung khas nya yang sruntulan. Potensi Dani dan Marquez terdukung karena record pabrikan paling mendominasi di Valencia saat ini dipegang oleh Honda dengan jumlah 8 kali juara seri disana.

valencia 2014 podium

Dari beberapa penjelasan FN diatas, bukan tidak mungkin Lorenzo bahkan bisa tergeser ke posisi 3 atau 4. Faktor ketenangan dan kematangan bertarung menjadi faktor krusial Lorenzo untuk bisa mengatasi tekanan dan ambisi menjadi juara dunia. Jika hal itu tidak dapat dilakukan Lorenzo, bisa jadi duel Lorenzo dengan duo repsol di posisi depan akan membuat duel tersebut terlibat crash.

Kemenangan Lorenzo bisa dipastikan akan terealisasi di GP Valencia 2015 ini, namun usaha Valentino Rossi mengejar ketertinggalan dan bagaimanapun hasilnya akan lebih diapresiasi di akhir perlombaan nanti. (~FN)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Tinggalkan Jejak Disini....