Jelajah Bromo-Bali Bareng X-VentureRide Kawasaki Versys X 250 (Part 1)

Motomaxone.com — Baru kali ini admin mengikuti acara Kawasaki. Namun dikali pertama ini juga admin menilai bahwa kegiatan turing yang diselenggarakan oleh PT. Surapita Unitrans dan PT. Duta Intika begitu memuaskan. Bayangkan saja, 50 unit motor baru Kawasaki Versys-X 250 versi Tourer seharga 74 jutaan (OTR Jatim) ini diberikan Kawasaki Surapita hanya sebagai sarana test ride untuk 50 orang yang ikut acara tersebut. Gilakkkkk….

Bisa diakumulasikan tuh 74 juta dikalikan 50 unit motor. Ini artinya PT. Surapita Unitrans sudah menggelontorkan dana sebesar 3,7 miliar rupiah hanya untuk unit test ride. Benar-benar langkah yang nggak akal nih…

Peserta turing kali ini sangat beragam, selain admin dan rekan blogger juga ada awak media otomotif hingga motovlogger juga turut serta dalam acara bertajuk X-VentureRide Kawasaki Versys-X 250 ini. Tak hanya yang admin sebutkan saja yang ikut, ternyata pihak internal PT. Surapita Unitrans dilevel manager sekalipun turun langsung mengikuti agenda turing Surabaya Bromo Bali tersebut. Berikut juga tim safety riding dan tim kawasaki sendiri sebagai pemandu jalan.

Jum’at 24 Februari 2017 adalah hari pertama XventureRide, disini 50 unit motor Kawasaki Versys-X 250 Tourer sudah berjajar rapi di depan Main Diler Kawasaki Surapita Unitrans Jemursari Surabaya. Peserta diwajibkan disiplin waktu karena perjalanan jauh cukup menyita banyak waktu, bayangkan kalau ada peserta yang molor…. wah bisa kacau nih acara..

Pukul 05.00 peserta sudah banyak yang berdatangan di depan main diler Kawasaki Surapita Unitrans, ada yang sarapan ada pula yang memanasi motor masing-masing hingga tes ride kecil kecilan didepan halaman diler untuk adaptasi dengan motor  Kawasaki Versys-X 250 ini. Barang bawaan yang akan sering admin pakai, admin taruh di pannier box yang tersedia, diantaranya kamera, jas hujan dan beberapa perlengkapan lainnya, sedangkan tas berisi baju ganti sudah dibawa mobil untuk diangkut langsung menuju banyuwangi.

Waktu menunjukkan pukul 06.00 lebih, peserta turing XventureRide Versys X 250 ini pun mulai bersiap dengan motor masing-masing. Mencoba naik, ergonomi memang terasa sangat nyaman seperti yang sudah admin jelaskan di artikel sebelumnya. Tes pengereman juga cukup pakem dengan adanya rem ABS. Rebound suspensi depan dan belakang juga terasa mantab… selepas doa bersama kami pun berangkat menuju SPBU Purwosari sebagai break point pertama.

Dalam perjalanan Surabaya-Purwosari, admin manfaatkan betul untuk beradaptasi dengan handling motor Versys-X 250 ini sebelum menghadapi winding road nongkojajar menuju bromo dan destinasi wisata selanjutnya seperti kintamani bali yang memiliki karakter jalan hampir sama. Maklum lah, tubuh perlu beradaptasi lagi karena feel riding masih akan melekat saat menggunakan motor yang terakhir kita pakai.

Rombongan XventureRide pun dilepas…….

Wow.. jangkung banget nih motor. Namun admin yang memiliki tinggi badan 171cm masih bisa menapak sempurna dengan satu kaki buahahahaa… kalau pakai sepasang kaki jadinya jinjit medium. Pertama menggunakan Versys X 250 ini admin pemanasan lebih dahulu, maklum lah motor baru dan belum sempet sentuh aspal jalanan sebelumnya jadi perlu sesi warm-up terlebih dahulu untuk memanaskan suhu ban agar beradaptasi dengan aspal, kalau sudah sesuai suhu aspal kan bisa mencengkeram sempurna.

Melewati rute Surabaya – Purwosari dengan mengendarai Versys-X 250 nyaris tidak ada kendala. Jalanan propinsi yang berlubang-lubang juga sudah banyak yang ditambal di area gempol, pandaan hingga sukorejo. Nyaris tidak ada kendala, jadinya hanya beradaptasi dan membiasakan diri dengan handling dan performa di setiap gigi persnelingnya saja. Tibalah kami di SPBU Purwosari Pasuruan.. fuel meter tidak menunjukkan penurunan bar satu digitpun, namun semua peserta akhirnya isi full tank BBM karena perjalanan menuju bromo bakal menguras bahan bakar.

Nikmatnya winding road bromo via nongkojajar purwodadi pasuruan……

Selepas break point tersebut, tiba saatnya melanjutkan perjalanan ke bromo via jalur nongkojajar setelah kami melewati KR. Purwodadi. Winding road semakin terasa saat perjalanan kami semakin naik dan naik. Mencoba semi cornering dengan Kawasaki Versys-X 250 melewati jalan berkelok benar-benar mengasah skill pengendara. Selain itu handling dan performa Versys-X 250 diuji disini. Dasarnya motor adventure 250cc, jadinya lancar jaya. Selepas melewati Purwodadi – Cowek – Sawiran, kami pun kembali berhenti sejenak di wilayah nongkojajar.. jalanan semakin menciut, hawa udara semakin terasa dingin, jadinya kami perlu menjaga ritme berkendara agar tetap safe, lha wong sisi kiri sudah terlihat lahan-lahan pertanian alias jurang..

Suguhan jalan berkelok menuju bromo memanjakan rombongan XventureRide untuk mengeksplore performa, dalam perjalanan naik ke bromo gigi 3 keatas nyaris nggak terpakai karena tanjakan ekstrim membuat admin harus bermain di gigi 1 dan 2.. kali sedikit mulai landai baru deh pakai tuh persneling gigi 3.

Mendekati wilayah lautan pasir bromo, admin masih ingat betul dengan daerah yang dilewati kemarin. Wah sudah mulai terlihat gunung batok yang menjadi icon bromo nih. Sesampai disana, kami pun kembali mereview performa engine break yang turun dari penanjakan menuju lautan pasir. Gokil dah…. curam banget, admin hanya bermain engine break gigi 1 dan dibantu dengan rem ABS sedikit-sedikit. Turunlah kami dengan aman dan menginjakkan kaki di lautan pasir bromo setelah beberapa tahun lamanya….

Hempasan udaranya sangat sejuk, alami dan tentunya jauh dari kepenatan lalu lintas kota. Kumpulan motor Kawasaki Versys-X 250 sebanyak 50 unit pun tak mampu memenuhi lautan pasir bromo yang begitu luasnya. Hmm keindahan alam indonesia yang patut dijaga kelestariannya, harus tetap alami seperti ini untuk menjaga originalitasnya. Turun ke lautan pasir, kami pun kembali beristirahat sejenak…

Karena beristirahat, admin sempatkan berfoto untuk keperluan dokumentasi selama perjalanan turing terjauh yang admin pernah lakukan ini. Cekrak…cekrek.. dengan mode selfie… admin pun bergantian dengan rekan blogger lain untuk membantu saling mengambil foto. Maklum tidak menggunakan jasa asisten untuk pengambilan gambar…

Setelah istirahat sejenak kami pun bersiap melanjutkan perjalanan melewati lautan pasir bromo menuju spot bukit teletubbies. Admin mendengar celotehan peserta lain, bahwa kami akan bertemu dengan rombongan turing dari PT. KMI (Kawasaki Motor Indonesia) yang disana TMCBlog dan Iwan Banaran juga turut serta meskipun secara armada peserta rombongan kami dari PT. Kawasaki Surapita Unitrans lebih banyak dan menempuh rute lebih jauh…

Namun sayang, ternyata admin dan rekan blogger dari jawa timur tidak sempat bertemu dengan rombongan KMI karena mereka sudah bertolak kembali pulang.

Menikmati udara segar bukit teletubbies bromo….

Di spot bukit teletubbies inilah break point berikutnya, kami cukup lama disini untuk beristirahat. Menempuh perjalanan Surabaya-Bromo serasa dekat karena rombongan kami begitu banyak. Padahal secara laju motor juga hanya bermain di angka 40-70 kpj, nggak lebih. Tapi kok cepet sekali sampainya xixixixi….

Saat menyeberangi lautan pasir bromo menuju bukit teletubbies, admin cukup aman bersama Versys X 250.

Cukup lama kami menikmati udara segar di kawasan bromo, pihak PT. Kawasaki Surapita Unitrans juga melakukan dokumentasi berupa video, jadi sebagian besar dari kami juga turut serta untuk meramaikan pendokumentasian tersebut.

Disini admin mengalami jatuh pertama kali di pasir bromo, kronologinya pengendara di depan admin berhenti mendadak saat menaiki gundukan pasir, padahal admin sendiri sudah berada di belakangnya, alih-alih bisa mengendalikan dengan menahan dengan kaki, ternyata jangkauan ke pasir terlalu jauh dan tidak terjangkau… akhirnya GUBRAAKKK…. jatuh dah…

Saat kondisi seperti ini, jangan panik dan evakuasi motor kita dengan fokus dan tenang, kalau bisa dengan membelakangi motor agar lebih mudah mengangkatnya. Setelah motor berhasil berdiri, standar samping lebih dulu, maklum yang diangkat motor besar Versys-X 250 berkapasitas 250cc.

Beruntungnya Kawasaki Versys-X 250 versi Tourer dilengkapi dengan body guard dari pipa logam tempat menempatkan FOG Lamp dan dibekali sepasang pannier box dikanan dan kiri, jadinya jatuh ke pasir bromo aman-aman aja, gak ada yang rusak. Pannier bawaan berbahan plastiknya pun tidak ada yang patah, jadinya masih cukup aman diajak menerjang medan off road, tapi bagi anda pengguna Versys-X 250 bisa mengganti pannier box nya dengan merk-merk branded agar terlihat lebih mewah dan pastinya lebih berkualitas… atau mungkin ada opsi kawasaki menggandeng produsen Box agar ada harga khusus, pasti sangat menguntungkan…

Pasir Berbisik…

Selepas kami cukup lama di spot bukit teletubbies bromo, kami pun balik arah kembali dan melanjutkan perjalanan menuju spot lautan pasir lainnya yaitu pasir berbisik. Terdengar kayak judul film yak, disini sering kali badai pasir tiba-tiba datang menutup pandangan berkendara kita.

Perjalanan menuju spot pasir berbisik ini masih harus melalui lautan pasir kembali. Admin sempat nyasar karena menghindari medan pasir yang bakal menyulitkan laju motor. Namun saat akan balik kanan, lha kok sudah ada 2-3 motor dibelakang yang mengikuti walah… (*salah jalur kok diikuti wkwkwk… dikiranya ngerti apa xixixixi……)

Setelah admin melihat jalan bercabang lainnya, admin pun memilih belok. Lah kok trek berpasir yang cukup tebal… setelah melewati dan kesulitan akhirnya gubrak… jatuh ke 2 kalinya dan terakhir di acara XventureRide ini. Jatuh di lautan pasir bromo malah membuat admin tertawa karena keseruannya… lebih enak jatuh dipasir gini ketimbang jatuh diaspal… heuheuheu…

Di spot Pasir Berbisik ini admin dan 2 peserta lainnya sempat berhenti cukup lama, karena pandangan tertutup badai pasir yang mendadak lewat. Jadinya peserta lain yang terlihat didepan menjadi tidak terlihat sama sekali. Ya sudah… terpaksa menunggu sampai badai berlalu…

Badai pasir berhawa dingin itu, berangsur-angsur menghilang dari pandangan. Rekan-rekan lainnya yang berada di depan kami juga mulai terlihat, kami pun turut bergabung membentuk formasi barisan untuk mendokumentasikan 50 peserta turing XventureRide yang sukses riding di atas lautan pasir bromo.

Hari Pertama XventureRide Versys-X 250 berakhir di Banyuwangi…

Selepas kegiatan itu, kami pun meninggalkan wisata pegunungan jawa timur ini melalui rute Probolinggo.

Saat menuruni jalanan curam nan berkelok-kelok, admin begitu merasakan motor Kawasaki Versys-X 250 ini begitu tingginya. Berbeda sekali sensasinya saat mengendarai motor adventure ini dengan motor sport fairing terlihat lebih pendek. Diarea Probolinggi hingga Situbondo,kami disuguhkan dengan udara yang panas menyengat. Kondisi cuaca yang panas itu membuat keringat di punggung dan kepala mengalir deras seperti dehidrasi. Belum lagi menyusuri jalanan yang padat lalu lintasnya… jadi pingin balik lagi dan bersantai di bromo yang dingin.

Selepas berpanas ria di jalanan, kami pun melewati paiton yang merupakan pembangkit listrik tenaga batu bara yang dimiliki oleh jawa timur. Tak jauh dari paiton, sampailah kami di break point selanjutnya yaitu SPBU Raya Situbondo… disini kami kembali melepas lelah, sholat dan makan untuk menambah tenaga yang mulai lemas karena kepanasan di perjalanan. Selepas ishoma, 2 tim XventureRide ini pun bergegas melanjutkan perjalanan tersisa dari Situbondo ke Banyuwangi, tempat beristirahat di hari pertama.

Hari mulai gelap dalam perjalanan, disini waktu yang tepat mengeksplore kemampuan lampu utama Kawasaki Versys-X 250. Admin lebih suka mengkombinasikan headlamp dengan Fog Lamp saat malam hari karena Fog Lamp sangat membantu penerangan saat riding di malam hari pada turing kemarin. Saat melintasi gelapnya jalanan yang menyeberangi taman nasional baluran, kami sempat diguyur hujan yang menyebabkan kami pun berhenti sejenak di sebuah resto… padahal jarak dengan hotel tempat menginap tinggal 4 km lagi.

Menanti hujan akhirnya reda juga, kami pun bersiap untuk tancap gas lagi menuju hotel penginapan yang sudah disediakan oleh PT. Surapita Unitrans sebagai main diler Kawasaki di wilayah Jawa Timur. Setibanya di hotel, admin pun begitu lega karena setengah perjalanan XventureRide berhasil dilalui dengan aman dan lancar. Pihak pelayanan hotel pun mempersilahkan kami membawa motor masing-masing untuk diparkir di depan kamar penginapan agar mudah diakses keesokan harinya.

Hari yang melelahkan memang, admin yang sekamar dengan admin dari motomazineblog bebersih diri yang kemudian mengikuti rangkaian makan malam sebelum berangkat ke gunung kapuk. Lega rasanya… hingga lelah pun tak terasa… turing bersama tim yang istimewa dengan persiapan matang mereka….

Untuk kesimpulan riding turing jarak jauh ini akan admin selesaikan di Part 2 saat menyelesaikan perjalanan hingga kuta denpasar nantinya… keep stay tune ya bro… (red)

 

BERITA TERKAIT :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *