Isi Bahan Bakar Penuh, Hindari Resiko Tangki Motor Berkarat !!

Motomaxone.com – Hal sepele dalam perawatan motor kesayangan yang sering kali di abaikan adalah perawatan tangki bahan bakar. Jarang yang mengetahui bahwa dalam mengisi bahan bakar, selalu disarankan untuk mengisi penuh tangki. Mengapa demikian ?

Material yang merupakan bahan pembuatan tangki bahan bakar pada sepeda motor terbuat dari plat besi. Dalam kondisi baru, biasanya dilapisi dengan bahan anti karat sehingga belum terlihat gejala timbulnya karat.

Pentingnya mengisi tangki bahan bakar penuh tidak lain adalah untuk mengisi ruang kosong pada tangki yang sering kali dibiarkan tak terisi penuh. Tentu saja ruang kosong tersebut mengandung udara . Jika kondisi ini sering dilakukan maka uap bahan bakar yang ngendon di ruang kosong tersebut akan menimbulkan uap air.

Seringnya tidak mengisi tangki dengan bahan bakar dalam kondisi penuh, lama kelamaan akan menyebabkan timbulnya korosi dan menciptakan karat didalam tangki bahan bakar. Jika kondisi ini semakin lama dibiarkan, pada kerak karat bisa mengganggu suplai bahan bakar ke piranti pengkabutan, bahkan bisa merusak filter bahan bakar di dalam tangki.

Kondisi seperti ini sering kali dialami oleh pemilik motor besar yang jarang menggunakan motornya. Paling banter digunakan saat weekend, jadi penting sekali untuk menjaga tangki bahan bakar tetap dalam keadaan penuh saat tidak digunakan untuk menghindari timbulnya karat pada tangki motor kesayangan anda. Kondisi tersebut juga sering kali terjadi pada motor sport dengan kapasitas tangki 12 liter… karena lebih hemat bbm (karena kapasitas tangkinya besar) sering kali dibiarkan dalam kondisi setengah kosong.

Secara kualitas, bahan bakar yang dijual oleh pertamina saat ini sudah sangat baik. Kandungan didalam bahan bakar seperti Pertamax, Pertamax Plus atau Pertamax Turbo misalnya sudah mengandung zat yang berfungsi sebagai deterjen ataupun pelindung metal terhadap karat.

Nah dengan selalu mengisi penuh tangki motor kita, maka sistem perlindungan zat pada bahan bakar terhadap karat bisa bekerja maksimal. Jadi jangan selalu menyalahkan kualitas bahan bakar di spbu yang buruk atau material tangki motor, padahal perawatan pada motor anda sering kali diabaikan. (red)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *