Intip Minor Change New Honda CB150R V3.0 2018 … Tampil Lebih Kekar Dengan Desain Shroud Lebar…

Motomaxone.com – Diam namun pasti, akhirnya si facelift Honda CB150R MY 2018 dirilis juga sore hari ini (13/7). Yang pada penasaran, tentu saja langsung berkomentar dengan ekspektasi yang biasanya berlebihan. Penulis sendiri sebagai pemilik CB150R Stallion Black sudah menduga kalau major change itu tidak dilakukan dalam waktu dekat, alasannya mungkin karena pangsa pasar CB150R sendiri belum bisa digeser oleh rival kuatnya.

Meskipun demikian, dari pengamatan penulis.. penyegaran CB150R facelift terbaru ini juga cukup keren kok meskipun secara kasat mata DNA CB150R generasi kedua (keluarga stallion black) lebih kuat dan nyaris perubahannya tak banyak terlihat, dikarenakan bagian Headlamp (lampu depan) dan Tail lamp (lampu belakang) yang memang tidak ada perubahan desain.

Lah terus minor change yang dimaksud meliputi apa saja ?

Dari pengamatan penulis, yang mendasari terlihat adanya perubahan terdapat pada tampak samping motor. Mulai dari shroud samping kanan dan kiri dibuat dengan desain yang tampak lebih lebar dimensinya dibandingkan generasi sebelumnya. Jika generasi sebelumnya “CB150R V2.0” memisahkan antara shroud dan cover samping radiator, maka CB150R V3.0 ini menyatukan shroud dengan fungsi cover radiator sehingga dimensi shroud semakin besar… jadi mirip dengan rivalnya kalau gini hehehe…

Karena shroud nya berubah dimensinya, plastik body disamping yang terletak disamping bawah tangki juga mengalami perubahan desain, karena cover body samping dibagian belakang juga mengalami perubahan desain jadinya perlu menyesuaikan juga.

Body samping dibagian belakang sekarang terkesan memiliki coakan alias berlubang yang didesain dengan ditambahkan semacam sirip atau sekat ata apalah istilahnya sehingga body nya berkesan dual layer.

Kebelakang lagi dibagian spakbor belakang, sepertinya memang tidak ada perbedaan dengan generasi kedua CB150. Namun saat saya amati lebih lanjut ternyata desainnya lebih sporty seperti spakbor belakang New Vario 150 2018.

Bagian baru lainnya yang terlihat jelas adalah dudukan footstep belakang. Dimana yang terbaru ini dudukan footstepnya menggunakan aluminium sehingga terpisah dengan rangka, tidak lagi dilas melainkan menggunakan sistem baut. Inilah yang mendasari banyak info yang menyebutkan rangka akan dibuat baru. Meskipun perubahan nya kecil namun tetap berbeda kode dengan rangka di generasi kedua CB150R.

Cover engine, CB150R V3.0 ini mengusung desain cover engine baru, terlihat minimalis dengan dimensi yang lebih kecil dibandingkan generasi sebelumnya. Mungkin juga desain baru ini untuk mengakomodir keluhan konsumen yang susah membersihkan blok mesin samping bawah yang tertutup cover engine.

Petal disk brake alias cakram wave adalah penyegaran lanjutan yang dilakukan AHM terhadap CB150R V3.0 dimana sebelumnya menggunakan desain cakram bulat.

Penyegaran lainnya yang informasinya penulis dapatkan adalah setang nya yang didesain sedikit lebih tinggi dan lebih lebar dibandingkan pendahulunya yang mengindikasikan AHM mencoba meningkatkan kenyamanan CB150R V3.0 ini dari sisi riding positionnya.

Lalu kasat mata apa sajakah yang tidak berubah ?

  • Desain tangki terlihat tidak mengalami perubahan
  • Mesin tidak mengalami perubahan
  • Winshield tidak mengalami perubahan
  • Spakbor depan masih sama
  • Knalpot sama
  • Velg sama
  • Swing arm sama
  • Lampu belakang sama
  • Lampu depan sama

Meskipun dikatakan minor change namun ternyata beberapa desainnya cukup banyak meskipun tidak sesuai ekspektasi penulis yang saat ini memiliki CB150R V2.0.

Bagaimana performanya ? Harapan penulis ada perubahan performa pada CB150R V3.0 ini sehingga lebih kompetitif jika bersaing dengan kompetitornya yang banyak mengumbar kelebihan performa. Namun mungkin juga AHM tidak berminat melakukan upgrade performa saat ini. Keinginan lain penulis dari upgrade CB150R adalah adanya saklar pass beam dan indikator gigi yang masih tidak dimiliki di generasi kedua CB150R. (red)

credit foto CB150R V3.0 oleh iwanbanaran

CB150R V2.0 Si CYUBI

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

4 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *