Ini Dia Rapor ATPM Musim Kompetisi 2013

indo-honda-ahm

Pembaca sekalian, begitu wah melihat data AISI kala PT Astra Honda Motor mendominasi atas semua kompetitornya dalam persaingan pangsa pasar roda dua tahun 2013. Tentunya, hasil perhitungan ini dihitung berdasarkan jumlah total seluruh penjualan produk dari periode bulan januari hingga penutupan tahun.

Secara keseluruhan Honda menjadi ATPM terkuat di indonesia dengan market share sebanyak 60,46% dengan berhasil menjual produk sebanyak 4.700.781 buah sepeda motor dalam 2013 lalu. Sedangkan yamaha hanya mampu meraih setengah dari perolehan Honda yaitu 2.495.796 unit motor. Diikuti oleh Suzuki, kawasaki dan TVS yang bisa brosis lihat data perolehannya di grafik penjualan 2013.

grafik-2013

Sedangkan untuk market share berdasarkan jenisnya, skutik kembali berjaya dengan cukup dominan menjadi pilihan banyak konsumen roda dua di indonesia. Tercatat, skutik mampu meraup keuntungan bagi masing-masing ATPM dengan total penjualan seluruh jenis skuter matic sebanyak 4.897.668 unit motor. Meskipun demikian, tak lantas membuat pasar segmen moped/ underbone /bebek menjadi urutan terbawah.

Dengan kelebihannya di sektor harga yang terbilang menjangkau kalangan ekonomi menengah kebawah, tentunya moped masih menjadi pilihan bagi konsumen. Hal ini terbukti dari data tersebut diatas, Moped atau underbone masih mampu mencapai penjualan kedua terbaik sebanyak 1.771.720 unit motor, mengalahkan segmen sport yang meskipun secara persentase semakin meningkat tiap tahunnya.

Banyak yang mungkin beranggapan Kawasaki cukup moncer penjualannya seiring dengan fokus penjualan di motor besar, namun lagi-lagi hal itu tak menjadi nama besar moge kawasaki mampu mendongkrak atpm yang bersangkutan lebih baik. Mudah saja, di tahun 2013 Kawak bahkan masih kalah secara penjualan dengan Suzuki yang notabenenya malah tak menunjukkan kemajuan. So, jangan salah jika motor-motor kecil lebih memiliki andil besar dalam hasil penjualannya. (fnc)

_____________________
Berita Terkait :

Advertisements
No Comments

Sopan Berkomentar Kamipun Segan