[HOW TO] Cara Mengganti Kabel Kontak Jupiter MX…. Try Error Smart AHO…

Jupiter MX Blue 2007

Fncounter.com – Berbicara tentang kelistrikan motor memang akan menjadi pekerjaan yang rumit jika tak dipahami dengan baik. Bermain kelistrikan motor memang mampu mendongkrak tampilan motor sendiri dengan berbagai aksesoris, lampu tambahan dan sebagainya yang bisa dijejalkan. Namun jangan asal coba-coba kalo bermain kelistrikan…

Jupiter MX yang FN miliki sejatinya menggunakan sistem kelistrikan Semi DC atau biasa disebut dengan motor kelistrikan AC. Namun seiring iseng-iseng FN, diganti juga tuh Jupiter MX Biru yang semula Sistem Kelistrikan AC/Half-Wave (Semi DC) menjadi Full-wave (Full DC). Karena sukses melakukan percobaan ini jadi pengen coba-coba yang lainnya.

Jupiter MX Biru yang sudah menggunakan kelistrikan Fullwave memiliki ciri khas Kontak ON, Headlamp pun ON (Saklar pastikan diposisi ON untuk yang belum menganut panel AHO), ini juga menjadi ciri motor-motor dengan kelistrikan Fullwave seperti Tiger, Megapro, Vixion generasi awal. Nah terinspirasi YZF-R25, Nmax ataupun New Vixion, produk-produk ini menggunakan sistem smart AHO.

Fungsinya (katanya) sebagai penghemat accu, sehingga beban kelistrikan headlamp tidak membebani kelistrikan di awal start. Jadi sistemnya Kontak ON-Senja ON-Headlamp OFF. Saat distarter barulah Headlamp ON.

FN pun mencoba otak atik kelistrikan, dengan memanipulasi output kiprok dengan memanfaatkan relay. Secara teori sih sudah berhasil, toh output kiprok sudah menggunakan arus DC jadi g masalah digunakannya relay dalam skema tersebut. Saat FN uji coba… taraaaaaaa…. berhasil. Kontak ON-Engine OFF-Headlamp OFF. Saat starter dinyalanya ENGINE ON-Headlamp ON. Sedikit pluntir gas untuk tester akhirnya aman.

Sabtu itu FN ada keperluan menjenguk baby dari saudara yang baru saja melahirkan. Dengan percaya diri, Jupiter MX Biru langsung tancap gas… gak ada gejala apapun.. Aman pikir FN. Selang 10 km melewati kemacetan, mesin mati… akhirnya menepi. Coba cek-cek… ternyala sekring putus.. karena jauh dari bengkel FN mengakali menggunakan serabut kabel… nyala kembali. Beberapa puluh meter kejadian terulang… sekring putus. Wah nggak beres nih pikir FN..

Perbaikan Kunci Kontak Jupiter MX 02

Karena masih jauh dari bengkel, FN terpaksa berikan serabut kabel lebih tebal untuk menyambung sekring, namun ini menjadi kesalahan yang harus dibayar mahal. Beberapa meter akhirnya mati lagi… FN segera buka jok dan melihat keadaan. Sekring meleleh brosis… dan kabel-kabel body panas. Beruntung FN membawa obeng, jadi diungkit aja itu sekring yang meleleh. Dan akhirnya dorong dah bluemx mencari bengkel… mekanik bengkel umum itupun bingung, akhirnya FN berikan arahan untuk cek ke bagian kiprok dan mengembalikan seperti sambungan semula dan menanggalkan relay.

Perbaikan Kunci Kontak Jupiter MX

Motor pun normal kembali. Selepas FN pulang kerumah setelah keperluan selesai, FN pun membongkar kembali. Melakukan cek kabel-kabel body mungkin ada yang getas karena korsleting saat itu. Ternyata bagian terparah selain kabel sekring adalah kabel kunci kontak. Kabel body meleleh, dan menyisakan sedikit serabut kabel sehingga mengakibatkan nge-fong… arus listrik tidak stabil.

Operasi pun dilakukan. Siapkan Solder, Timah, Kabel (pilih yang serat kabelnya tebal), Isolasi listrik, Lem Bakar untuk seal. Lanjutkan langkah berikutnya :

  • Buka baut rumah kunci kontak dengan kunci bintang 5 sisi (kalo gak punya pinjem bengkel dan nantinya ganti dengan baut plus / minus agar mudah melepasnya kalo diperlukan suatu saat)
  • Buka karet pelindung/penutup dibagian belakang rumah kunci kontak.
  • Siapkan Solder hingga panas, lepaskan kabel2 yang leleh itu untuk diganti.
  • Selanjutnya ganti dengan kabel baru, untuk kabel kunci kontak cari yang serat kabelnya tebal
  • Setelah mengganti kabel dengan kabel baru, pasang terminal (beli juga ya) pastikan sama dengan terminal di soket ori nya.
  • Pasang terminal ke dalam soket
  • Tutup sambungan kabel dengan Isolasi listrik
  • Berikan lem bakar pada kabel yang sudah di solder tadi, untuk menghindari getas serabut kabel karena bergerak-gerak.
  • Finish selesai.

Akhirnya selesai juga kerjaan yang melelahkan itu. Berharap ini menjadi pengalam berharga untuk pembaca sekalian agar tidak mengambil resiko utak atik kelistrikan. Jupiter MX Biru pun akhirnya sehat kembali. Dari masalah itu FN ambil kesimpulan, meskipun output kiprok DC, bisa jadi karena aliran arusnya terlalu besar dan berkelanjutan sehingga membuat sekring terus terputus. (~FN)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *