Honda Supra GTR150 Salip Penjualan Sonic 150R dan Satria FU150 FI, Pasar Bebek Super Honda Mulai Terbentuk Nih !!

 

Motomaxone.com — Pembaca sekalian secara persaingan dengan bebek super lainnya, Honda Supra GTR150 memang tidak terlalu kuat untuk menghadapi kompetitor. Maklum, pasar produk yang satu ini segmentasinya terbatas. Bisa jadi produk kompetitor yang masih diunggulkan. Namun selama semester 1 2017 ini, Supra GTR150 menunjukkan grafik penjualan yang membaik.

Honda memang meluncurkan Supra GTR150 ini untuk memberikan perlawanan sepadan kepada MX King 150 milik yamaha. Tak tanggung-tanggung, dua kelas berbeda diisi semua oleh honda yaitu bebek super dan sport ayago dengan masing-masing andalannya yaitu Supra GTR150 dan Sonic 150R.

Pada kenyataannya penjualan Supra GTR150 tak semulus harapan, namun hal itu perlu dimaklumi. Di pasar bebek super, yamaha sudah lebih dulu memiliki tiang kokoh dengan adanya generasi Jupiter MX 135 series. Jadi, pasar yang dibentuk oleh MX King 150 saat ini hanyalah meneruskan kejayaan Jupiter MX series. Bagaimana dengan honda ?

Honda malah terlalu berani berjudi saat meluncurkan GTR150 dengan label Supra. Jika ditarik kebelakang, Supra GTR150 benar-benar keluar dari desain pakem yang dimiliki generasi supra series terdahulu yang lebih mengutamakan desain yang nyaman seperti jok rata dan ada bagasinya. Dua hal ini tidak lagi ditemukan di Supra GTR150. Lagi-lagi pasar bebek super honda belum terbentuk sepenuhnya.

Admin yang diberikan kesempatan oleh PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Honda Jatim sudah merasakan kenyamana Supra GTR150. Memang sudah bukan lagi berbicara supra series yang memiliki desain jadul kegemaran orang tua, namun dibandingkan dengan kompetitor secara kualitas produk GTR150 tidak kalah bro.

Memiliki desain bebek super, honda sudah membekali Supra GTR150 dengan mesin 150cc, DOHC, berpendingin cairan/radiator. Ergonomi juga nyaman meskipun terasa sportynya walau menggunakan model cub/moped/bebek.

Membedah data penjualan Supra GTR150, memang diawal tahun produk ini sempat terseok-seok. Honda harus gencar mempromosikan produk ini agar lebih dikenal masyarakat. Bahkan saat ini 2 unit Supra GTR150 bisa brosis lihat dilayar televisi karena mensponsori Sinetron Dunia Terbalik yang tayang di salah satu stasiun TV swasta.

Review motor ini sudah bejibun, mulai dari performa hingga efisiensi bahan bakar yang bisa dengan mudah brosis temukan di halaman test ride motomaxone.com.

Alhasil, 2 bulan terakhir Supra GTR150 mengalami kenaikan penjualan yang cukup signifikan. Ibarat konsumen masih meraba-raba kualitas produknya, mulai mei hingga juni angka penjualan Supra GTR150 sudah bisa bersaing dengan Sonic 150R bahkan dengan Satria FU150 FI sekalipun. Jika pada periode januari – april, Supra GTR150 hanya menyentuh angka penjualan ratusan unit saja sekarang sudah mulai mencapai ribuan unit.

Sebagai catatan dibulan mei misalnya, Supra GTR150 mampu terjual 2.243 unit. Angka penjualan ini mengalahkan Sonic 150R (1.948 unit) dan Satria FU Injeksi (2.148 unit). Bagaimana dengan bulan juni ? di bulan juni penjualan GTR150 mencapai 1.845 unit sedangkan sonic mengungguli 347 unit lebih banyak, sedangkan Satria FU150 FI hanya mencapai 836 unit penjualan saja.

Meskipun belum bisa menjadi pesaing kuat untuk MX King 150, setidaknya pasar Supra GTR150 sebagai bebek super honda sudah mulai terbentuk dengan berbagai kelebihan yang ada. Btw, bisa jadi MX king 150 bakalan tersalip diakhir tahun 2017 nanti. (red)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *