Honda Shadows Cruiser… Recall 22 Ribu Produk Ala Harley Akibat Masalah Sudut Kemiringan Motor

Shadows Spirit Honda

Sebuah produk akan menjadi riskan jika berkaitan dengan masalah keamanan. Menurut informasi, Honda menarik kembali (Recall) Shadow Cruiser berkapasitas 750cc karena masalah sensor. Recall produk ini akhirnya mencatut beberapa varian honda cruiser diantara nya Shadow Spirit, Shadow Aero dan Shadow Phantom yang secara total sebanyak 22.142 unit.

Recall produk yang cukup banyak tersebut, ternyata diberlakukan untuk 3 varian cruiser dari berbagai periode tahun. Seperti Shadow Aero periode 2011-2016, Shadow Spirit 750S periode 2012-2014 dan Shadow Phantom dari periode 2010 hingga 2016.

Dari 22 ribu unit tersebut, ternyata terkait masalah sepele bagi pasar indonesia. Yaitu terkait Bank Angle Sensor alias Sensor kemiringan motor. Dari investigasi prroduk yang dilakukan oleh National Highway Traffic Safety Administration menyebutkan posisi Bank Angle Sensor rawan gesekan yang diakibatkan dari getaran mesin sehingga memungkinkan gesekan antara perangkat tersebut dengan kawat dari join konektor.

diargam recall honda cruiser

Dari skema diagram yang memperlihatkan revisi produk, adalah pemasangan retaining clip alias klip logam yang memungkinkan kabel sensor bank angle tersebut tidak bergeser. Sedangkan revisi lainnya terdapat pada posisi join connector yang sebelumnya menyentuh kabel sensor bank dipindah ke bagian bawah.

Sebelum dilakukan perbaikan, masalah yang terjadi adalah bank angle sensor sering kali membaca sudut kemiringan yang salah sehingga menyebabkan mesin macet dan mati mendadak yang dikendarai. Sampai sebegitu detailnya, recall produk untuk keselamatan. (~FN)

Advertisements

Sopan Berkomentar Kamipun Segan