Honda FORZA Pesaing NMAX…. Dirilis 2 Bulan Mendatang ?? Berikut Alasan Kenapa Bukan PCX 150 Yang Dilokalkan ??

honda-forza-150

Pembaca sekalian, kebetulan FN belum bersuara dengan akan hadirnya produk bernama Honda Forza. Nah kali ini FN akan mulai mengulasnya mengingat sangat menarik untuk sekedar dilewatkan. Sinyalemen kehadiran Honda Forza kian santer informasinya masuk ke meja redaksi. Sepertinya Honda kembali berminat nih dengan menghadirkan pesaing Yamaha NMAX. Namun kenapa harus FORZA ? Bukan malah PCX ?

Disini yang patut kita cermati adalah permainan pasar di segmen matic yang cukup membuat honda dilematis. Yamaha NMAX yang sejatinya mengambil basis desain build up, namun akan sangat kurang kompetitif jika dijual di indonesia tanpa ada diferensiasi yang mendasar. Itulah mengapa Yamaha NMAX yang diproyeksikan sebagai pesaing Honda PCX150 akhirnya diproduksi secara lokal di indonesia, alasannya jelas untuk menekan cost produksi yang bakal berlibat jika harus di produksi diluar negeri.

Alhasil dikemunculannya, peminat motor skutik premium membludak. Yamaha NMAX menyabet Bike of The Year pada 2015 lalu dengan banderol harga 27 jutaan untuk tipe ABS (Saat itu versi Non ABS belum diluncurkan bersamaan). Disisi lain, Honda yang berjaya dengan matic low-end nya yaitu Vario series ternyata tak cukup puas. Pasar matic premium dirasa cukup potensial untuk digarap serius.

honda-forza-150 2

Netizen Pro-Honda pun bersuara…… lokal-kan Honda PCX 150. Harapan mereka para konsumen setia agar bisa memberikan berlawanan pada Yamaha NMAX yang sudah dilokalkan terlebih dahulu. Namun apa yang terjadi ?? Honda berfikir ulang….. loh kenapa?

Dari analisa FN sendiri, akan sangat tidak menguntungkan melokalkan PCX150 saat ini dimana konsumen produk build-up nya sudah ada. Jika Honda PCX150 dilokalkan hanya untuk memberikan persaingan pada NMAX, maka akan muncul barisan sakit hati akan kebijakan Honda yang terkesan plin-plan nantinya.

Kok begitu bro? Begini, konsumen PCX 150 Build Up sudah terbentuk dan sudah susah payah membeli matic 150cc seharga 40 jutaan. Nggak etis juga kan kalo sekarang honda melokalkan PCX150 hanya karena market share Yamaha NMAX cukup menjanjikan untuk diberikan pesaing.

nmax-review-1
Yamaha NMAX

Rencana Honda, market Honda PCX 150 akan tetap dijaga seperti sedia kala dengan kontruksi Build-Up seharga 40 jutaan dengan fitur-fitur kenyamanan yang berlebih. Sedangkan sebagai proyeksi pesaing NMAX, Honda akan memilih Honda FORZA. Toh secara produk, Honda FORZA juga lebih fresh dimata konsumen, dan disinyalir FORZA akan menjadi matic premium honda yang dirakit secara LOKAL.

So, dengan hadirnya FORZA dengan rakitan lokal dan bisa jadi akan lebih murah tak akan mencederai konsumen PCX150 yang sudah terlanjur membeli. Konsumen PCX150 akan tetap merasakan produknya berasa lebih premium dengan banderol harga tinggi nya tersebut. Sedankan kehadiran FORZA akan menjadi pilihan tepat mendampingi PCX150 untuk melakukan penetrasi menggoyang pasar yang sudah dibangun kompetitor.

Lalu kapan FORZA akan diluncurkan ?? Menurut informasi yang FN terima, Honda FORZA akan dirilis sekitar awal kuartal kedua tahun 2016 ini, ya sekitar maret-april menurut informasi mas Taufik. Sebagai produk yang akan diposisikan secara head to head akan ada persamaan fitur yang ditawarkan, namun Honda sendiri diklaim akan memberikan fitur baru yang tidak ada pada produk kompetitor…. btw jangan lupa suspensi belakangnya harus lebih baik. (~FN)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

3 Comments

Tinggalkan Jejak Disini....