Honda CB150 Verza dan CB150R Streetfire / Exmotion Berbeda Genre Bro…

Motomaxone.com — Tergelitik saya mengangkat tema ini karena banyak yang ternyata memiliki persepsi yang keliru terhadap kehadiran Honda CB150 Verza yang pada (20/2) lalu diperkenalkan ke hadapan publik di Jakarta International Expo. Berbagai perbandingan warganet sajikan tentang ekspektasi mereka terhadap motor baru Honda. Namun sayang ekspektasi kebanyakan dari mereka terlanjur kebablasan…

Mengapa saya menyebutkan seperti itu ? Karena hal tersebut merupakan ketidaktahuan mereka dan tentunya bisa dimaklumi. Beruntungnya banyak blogsphere maupun media online yang mencoba memberikan penjelasan untuk mencerahkan anggapan tersebut. Namun sayang ada pula sumber blog lain yang mencoba menggiring opini dengan mendiskreditkan honda dengan membandingkan kehadiran CB150 Verza ini dengan CB150R Exmotion yang sudah hadir di thailand…perbandingan ini dibuat karena alasan simpel.. model lampu bulat dan kesan klasik Exmotion yang coba dibenturkan paksa dengan CB150 VERZA.

Beberapa pertanyaan pembaca masuk ke email redaksi, menanyakan beberapa hal seputar mengapa kok menggunakan nama CB dst, mengapa bukan CB150R Exmotion dan seterusnya. So maaf sebelumnya baru sempat menjawabnya di artikel ini.

Saat CB150 VERZA disandingkan dengan CB150 Exmotion, maka ini Salah Kaprah karena varian Exmotion menggunakan kode nama CB150+R. Dari sini kita melihat genre keduanya berbeda jauh, apalagi bicara tentang pasar yang dibidik, jelas beda jauh dan ekspektasi anda kejauhan saat mengkomparasikan CB150 Verza dengan CB150R Exmotion.

CB150 Verza disebut merupakan produk tanggung honda yang ingin mengakomodir keinginan konsumen yang suka dengan kesan klasik dari CB150R Exmotion… bagaimana bisa kembali dibandingkan wong sudah jelas-jelas CB150 Verza ini merupakan sequel resmi dari Honda Verza. So pelan-pelan saya akan mencoba menjelaskan tentang asal muasal hadirnya nama ‘CB’ pada nama baru Verza 2018 ini.

  • Xabre = CB150R Exmotion
  • Vixion Series = CB150R Streetfire = GSX-S150
  • Byson = New Megapro
  • ??? = Verza / CB150 Verza

Saya yang hadir di JIExpo kemarin tercerahkan dengan penjelasan yang diberikan oleh PT. Astra Honda Motor (AHM) disela tanya jawab launching Honda CB150 Verza ini. Saya yang merupakan pemilik CB150R Streetfire sebenarnya juga kurang terima dengan penamaan CB yang disematkan pada Verza 2018 hehe… namun setelah mendapatkan penjelasan akhirnya memahami alasan dibalik nama tersebut. Begini bro..

Sebelum membuat pernyataan liar yang tak berdasar, alangkah baiknya kita memahami target pasar yang dibidik oleh AHM sendiri dari kehadiran Honda CB150 Verza ini. Motor ini merupakan penerus dari generasi Honda Verza 150 yang sudah dikenal oleh masyarakat sebagai motor pekerja keras yang menginginkan motor yang simple namun fungsional untuk kebutuhan mobilitas bekerja.

Hadirnya CB150 Verza yang saat ini didesain lebih klasik dan elegan dengan kehadiran batok lampu bulat adalah untuk menyentuh sisi pride dari motor itu sendiri yang sudah banyak digunakan oleh kalangan masyarakat dari para pekerja keras hingga kalangan komunitas yang memang memilih motor ini sebagai tunggangan keseharian mereka.

Mengapa diberikan nama CB ….. ??

Salah satu kebijakan yang diambil oleh AHM selaku distributor resmi honda di indonesia adalah memberlakukan standarisasi penamaan untuk produknya dalam hal ini motor naked bike honda. Honda Verza 150 kini berubah nama menjadi Honda “CB” 150 Verza karena standarisasi penamaan produk naked sport yang sudah dibuat oleh AHM.

Layaknya CBR untuk sport fairing dan CRF untuk produk multi purpose (trail). Dari perbandingan produk honda dengan kompetitor tersebut diatas, CB150 Verza berada dikelas Low-end di segmen motor naked bike yang dimiliki oleh Honda Indonesia dan motor ini sebenarnya belum ada lawan bandingnya di sisi kompetitor.

Perbedaan nama dengan CB150R Streetfire atau CB150R Exmotion…. ??

Pada produk motor honda, label CB tidak digeneralisasi sebagai satu model produk saja. Terlebih CB merupakan standar nama dari motor honda yang mengusung genre naked alias tanpa fairing. Nama CB150 Verza terinspirasi dari Honda CB 1300 yang juga sama-sama mengusung model naked bike namun memiliki aura lebih klasik dengan ciri khas lampu bulatnya.

Berbeda dengan CB150R (ada tambahan ‘R’ dibelakangnya) yang diusung oleh versi Streetfire dan Exmotion. Varian CB untuk jenis ini yang memiliki label R dibelakangnya identik dengan motor naked yang memiliki perform oriented, desain sporty dan futuristik dengan garis-garis tajam, berikut fitur-fitur dan teknologi yang modern.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas sudah cukup jelas bahwa CB150 Verza bukan realita dari ekspektasi konsumen yang menginginkan CB150R Exmotion. Dari pengamatan saya, dihadirkannya CB150 Verza dengan lampu bulat bukan mencontoh dari model lampu bulat Exmotion tentunya. Namun lebih kepada memperkuat kesan elegan dan maskulin dari produk itu sendiri sehingga lebih jelas garis pembedanya dengan CB150R Streetfire yang didesain lebih tajam, futuristik dan lebih modern.

So jika keukeuh membandingkan ekspektasi kehadiran CB150R Exmotion dengan launching CB150 Verza tentu hal ini menjadi kurang tepat karena secara kelas berbeda, harga berbeda hingga target pasar nya pun jelas berbeda. Begitu juga jika dibandingkan dengan CB150R Streetfire… itu mengapa Honda tetap keukeuh menghadirkan dual shock untuk generasi penerus Verza 150 ini.

Nah, untuk yang masih memiliki ekspektasi terhadap CB150R Exmotion, jelas honda tidak menutup mata untuk menghadirkan motor tersebut namun tentunya dengan banyak pertimbangan dimana salah satunya adalah pangsa pasarnya sendiri… toh produk sejenis seperti xabre nyatanya kurang diminati pasar yang malah lebih memilih kelas vixion dan CB150R SF. (red)

BERITA LAIN :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *