2017 Yamaha R6 vs Yamaha R6 2016, Berikut Perbedaan Tampilannya !!

2017_yam_yzfr6_019

Pembaca sekalian, baru-baru ini Yamaha Global telah melakukan penyegaran total untuk YZF-R6. Perubahan yang sangat mencolok adalah desain Yamaha R6 2017 yang berubah total dibandingkan dengan Yamaha R6 2016. Tentu bisa dimaklumi karena memang model Yamaha R6 jarang sekali mendapatkan sentuhan baru.

Desain baru Yamaha R6 2017 kali ini bagi admin lebih pas dijuluki sebagai The Baby M1. Secara desain keseluruhan berbeda dengan Yamaha R6 lama, R6 model 2017 mengusung model yang serupa dengan Yamaha R1 dan R1M.

Apa yang baru dari Yamaha R6 2017 ??

2017-vs-2016-yamaha-r6-2

  • Body fairing berubah total mirip Yamaha R1, dikatakan juga Next Generation R Series.. Sistem aerodinamik dari desain baru aliran udara disebut lebih efisien untuk pendinginan mesin.
  • Desain fairing bagian depan mirip sekali dengan Yamaha YZR-M1 yang digunakan di ajang MotoGP, ini terlihat dari desain air scoop bagian tengah yang persis dengan aliran udara di motor prototype Yamaha M1.
  • Postur body motor menjadi terasa lebih tinggi jika dibandingkan dengan model lama dari sisi depan. Terasa lebih jangkung dari sisi depan tentunya membuat Yamaha R6 versi 2017 sedikit lebih ramping ketimbang Yamaha R6 2016 yang terasa kelewat lebar dibagian body sampingnya.
  • Headlamp menggunakan teknologi LED dengan desain mirip sekali dengan model terbaru Yamaha R1. Sedangkan diatas lampu utama, terdapat sepasang LED yang dibentuk seperti alis.
  • Model spion R6 2017 juga berubah total, dari sebelumnya di versi 2016 hanya menggunakan model oval biasa yang tak berkesan premium, kini berubah tampilan mirip YZF-R1 terbaru yang didesain lebih modern.
  • Dimana letak lampu sein ? Desain spion Yamaha R6 2017 juga dilengkapi dengan lampu yang kemungkinan besar berfungsi sebagai lampu sein. Jadi untuk lampu sein tidak lagi ditempatkan di bagian samping body sehingga bagian samping body fairing lebih terlihat bersih.
  • Lampu belakang dan desain buritan berubah total pula, desain tail lamp mirip Yamaha R1, sedangkan desain buritan dibuat tak lagi berkesan lancip seperti versi R6 2016. Untuk desain buritan sendiri, admin lebih suka desain lancip sporty seperti versi lama.
  • Dimensi tangki terlihat lebih besar untuk Yamaha R6 2017 tersebut sehingga berkesan lebih tinggi.
  • Suspensi depan Yamaha R6 2017 juga mengusung model baru R1. Diameter As Shock memiliki ukuran 43 mm.
  • Ukuran cakram depan sebesar 320mm, ukuran yang sama dengan yang digunakan pada Yamaha R1.
  • Rangka Yamaha R6 2017 juga terbilang baru, meskipun desain nya sama dengan versi lama namun ada beberapa perubahan. Termasuk material magnesium yang dijejalkan pada versi 2017.
  • Perubahan rangka menjadikan jangkauan pengendara dan kemudi lebih dekat 20mm dibandingkan sebelumnya sehingga semakin memudahkan handling motor itu sendiri.
  • Desain fuel tank baru sudah terlihat, namun dengan material full aluminium yang disebut lebih ringan. Desain baru tangki bahan bakar ini dikatakan juga lebih membuat nyaman pengendara saat menjepit tangki karena tidak berkesan terlalu lebar.
  • Riding Position, kombinasi dari desain baru tangki BBM, sub rangka yang dibuat lebih dekat dengan bagian depan dan desain jok baru membuat riidng position juga berubah. Perubahannya lebih mengarah pada peningkatan kenyamanan untuk posisi berkendaranya, pantas saja jika menyandang label Total Control.
  • QSS Quick Shift System, bermanfaat untuk lebih cepat dalam proses penggantian gigi dimana cara kerjanya lebih memudahkan kopling untuk menambah gigi.
  • 6 Level TCS, memungkinkan untuk mengganti gaya berkendara seperti yang diinginkan.

2017_yam_yzfr6_005

Itulah beberapa hal baru dari Yamaha R6 2017. Selebihnya yang tidak admin sebutkan bisa jadi tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan versi 2016 Yamaha R6. Seperti dasboard speedometer yang masih mempertahankan kombinasi digital dan analog untuk tachometernya membuat penyegaran Yamaha R6 2017 ini terasa tanggung.

Admin lebih prefer menyebut Yamaha R6 2017 ini sebagai the baby M1 karena lebih proporsional diberbagai sisi untuk di samakan dengan Yamaha M1 MotoGP dibandingkan dengan Yamaha R1. (red)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Tinggalkan Jejak Disini....