Hasil Pembuktian Baby Oil Untuk Merawat Cat Warna Doff (Matte) Pada CB150R Stallion Black …. Baca Dulu !!

Motomaxone.com โ€“ Diawali dengan keisengan dan rasa penasaran tentang beberapa blogger ataupun tips media yang menjelaskan bahwa perawatan warna doff pada motor bisa menggunakan Baby Oil, saya pun cukup penasaran dan mencobanya di CB150R Stallion Black yang mengusung warna hitam doff ini. Bener nggak nih ?

Sebagai bagian dari sebuah tips, banyak cara kuno bin aneh bin tradisional yang biasa diterapkan untuk merawat cat motor ataupun tips lainnya. Seperti menggosok material besi dengan batu hijau agar memiliki kesan mengkilap seperti krom, poles warna metalik dengan bensin yang dikatakan bisa mengkilap hasilnya, membersihkan lem bekas stiker dengan minyak kayu putih dan sebagainya.

So muncullah informasi aneh lagi terkait dengan Baby Oil yang katanya sih bisa digunakan untuk merawat warna doff. Benar tidaknya, saya pun mencoba membuktikannya dengan menerapkan langsung pada si Cyubi yang kebetulan juga menggunakan warna sesuai spesifikasi yang dimaksud.

Apa memang bisa ? Jika demikian pertanyaan yang dilontarkan, menurut saya pribadi sih bisa saja. Namun yang menjadi pertanyaan lain adalah apakah efektif untuk digunakan dibandingkan dengan hasilnya.

Kita pahami dulu karakter dari Baby Oil yang dimaksud. Namanya oil (minyak) maka sifatnya memang mengkilap dan terkensan lembab, saat saya gunakan pada permukaan cat doff si cyubi hasilnya memang memberikan kesan mengkilap, detail warnanya menjadi terlihat dan memberikan kesan Wet Look, dan terlihat bersih. Sama halnya dengan minyak2 untuk perawatan kulit yang memang peruntukannya sebagai pembersih. Namun tunggu dulu…

Nggak ada satupun keterangan dari produsen Baby Oil yang menyebutkan baby oil bisa digunakan untuk cat doff untuk motor atau mobil. Sifat hangat pada Baby Oil pun saya lihat menjadi kurang cocok jika diterapkan untuk perawatan cat motor.

Sifat Thermal pada Baby Oil ini yang saya perkirakan memiliki potensi akan merusak lapisan cat jika digunakan dalam jangka panjang karena bagaimanapun memiliki sifat korosif jika digunakan berulang-ulang. Mirip dengan solvent yang memiliki sifat pelarut meskipun koefisien antara keduanya berbeda. Tips penggunakan baby oil ini bagi saya hanyalah teknik iseng dan coba-coba dari beberapa pihak saja tanpa adanya uji lab/diteliti resmi dan tentunya tidak ada jaminan atas dampak buruk bagi anda yang mencobanya dalam jangka panjang.

Dari penggunaan baby oil yang sudah saya praktekkan di body cyubi, minyak tersebut tidak memberikan dampak signifikan yang katanya berfungsi sebagai โ€˜perawatanโ€™ cat doff pada motor karena memang tidak ada sifat pelindung cat pada baby oil. Bersih sih iya, namun itu hanya sesaat.

Debu mudah menempel

Saat kendaraan anda gunakan, maka debu-debu pun mudah sekali hinggap pada body motor doff yang anda miliki karena memang sifat minyak malah membuat kotoran seperti debu malah menempel. Padahal saat akan saya gunakan, body yang sudah dilumuri baby oil tersebut bahkan sudah saya lap dengan tisu untuk meresap baby oil agar lebih kering namun tetap saja bekas minyak yang masih menempel tersebut tetap memberikan kesan kotor saat setelah menggunakan kendaraannya. Lagi-lagi untuk membersihkan lapisan minyak secara tuntas, anda perlu mengguyur lebih dulu dengan air dan sekalian saja anda cuci dengan shampo motor agar lebih bersih.

So, demikian yang bisa saja bagikan tentang pengalaman menggunakan baby oil untuk cat doff pada motor yang saya miliki berikut dengan banyak penjelasan diatas. Ingin menggunakannya silahkan saja, namun tentunya dengan resiko yang wajib anda tanggung sendiri. Bagi saya membersihkan dengan air dan shampo lebih rutin saat sudah dirasa cukup kotor akan lebih baik sebagai bentuk perawatan terhadap motor dengan warna doff.

Yang penting diingat, jika body dengan cat terlalu kotor maka lebih baik basuh lebih dulu dengan telapak tangan untuk menghilangkan kotoran sembari diguyur air. Saat sudah terasa bersih, barulah spoon dengan air shampoo… bedakan spoon yang digunakan untuk membersihkan bagian bawah (bagian kotor) dengan bagian atas (body). Hal ini untuk menghindari baret pada cat yang dihasilkan oleh butiran debu yang bersarang didalam spoon yang kotor untuk bagian bawah tadi… cara ini berlaku untuk motor dan mobil yang anda miliki. (red)

BERITA LAIN :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

8 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *