Gir Belakang di Fungsikan Rem Cakram ? Gokil Broh…

Motomaxone.com – Pembaca sekalian, ada yang tahu ‘Gir’ ? Gir merupakan bagian motor yang berperan sangat penting terutama untuk jenis motor bebek dan juga sport. Fungsi sparepart ini sangat beragam mulai dari penggerak roda, penyeimbang hingga penyalur tenaga dari mesin ke roda.

Dari fungsinya tentu sangat krusial jika motor-motor jenis tersebut kehilangan gir, bisa-bisa motor nggak bisa jalan brosis. Berbeda dengan motor matik dimana fungsi gir sudah digantikan dengan Belt.

Bagaimana dengan cakram ? Bicara cakram, maka terlintas di fikiran bentuknya adalah sebuah piringan. Bahannya bisa berbeda2 tergantung bahasannya. Nah untuk motor, maka cakram identik dengan piranti pendukung pengereman. Bentuknya piringan besi dan biasanya memiliki kandungan material stainless dan dibagian tengahnya berlubang-lubang (secara umum).

Fungsi cakram dan gir memang berbeda sangat. Namun keduanya bisa dikombinasikan untuk mendapatkan manfaat dari keduanya. Hal tersebut bisa dilakukan untuk roda belakang, seperti gambar yang viral di instagram diatas. Entah mencoba-coba atau memang berinovasi yang tak biasa, gir belakang motor difungsikan pula seperti layaknya rem cakram.

Bisa sih, namun braket kaliper nya yang sedikit susah untuk dibuat. Namun ada yang perlu diperhatikan nih, adalah cara pelumasan oli untuk rantai yang biasanya menyebar ke bagian gir. Nah pasti repot tuh, kalau gir terkena oli yang notabenenya difungsikan pula untuk cakram belakang.

So, ada yang pengen menggunakan ide gila ini ? hehe.. (red)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *