Menilik Fungsi Karet Tutup Tangki Pada Sepeda Motor All New Honda CB150R, Waspada Kerusakannya !!

Motomaxone.com — Pembaca sekalian, ada yang tau fungsi seal karet pada tutup tangki ? Dulu, tangki jendol memang cukup populer di kalangan pengguna sepeda motor. Namun desain tangki tersebut seiring waktu mulai kurang diminati karena sekarang lagi trennya tutup tangki model rata yang biasa diaplikasikan di motor-motor sport.

Nah berbicara tentang seal atau sil karet pada penutup sepeda motor memang memiliki manfaat yang tidak bisa dianggap remeh. Jika perawatan dihiraukan bakal membuat anda pemilik motor dibuat kerepotan suatu saat nanti.

Fungsi utama sil karet pada penutup tangki yang paling utama adalah untuk melindungi air masuk kedalam yang berasa dari rembesan dari permukaan tangki bahan bakar. Sil karet inipun memiliki masa keausan alias bisa mengalami kerusakan seiring dengan pemakaiannya, karena suhu ataupun karena cairan bahan bakar.

Banyak yang tidak menyadari saat sil karet ini mengalami kerusakan. Bila rusak, maka fungsinya menjadi tidak maksimal untuk mencegah air masuk ke dalam tangki bahan bakar. Terutama pada kondisi hujan atau saat sedang mencuci motor, apaklagi jika dibawa ke tukang cuci, air bertekanan akan berpotensi nyelonong masuk melewati sil karet yang rusak tadi.

Jika dulu di BlueMX penutup tangkinya model putar yang memiliki potensi kerusakan lebih cepat, maka di Cyubi All New CB150R milik admin sekarang, sil karetnya bakal lebih awet karena desain penutup tangkinya rata. Penutup tangki memiliki engsel sehingga mencegah penutup jatuh saat mengisi bahan bakar.

Balik lagi kepada peran penting sil karet tangki bahan bakar, untuk usia motor menginjak 3 tahun maka yang patut diwaspadai adalah kondisi sil karetnya, berlaku untuk jenis motor apapun khususnya motor sport yang memang letaknya diluar. Memang tidak selalu mengalami kerusakan, namun tetap harus dipantau kondisinya.

Selain kondisi rusak seperti pecah-pecah, kondisi lain sil karet yang perlu diperhatikan adalah elastisitasnya. Kalau karakternya sudah mengeras, maka elastisitasnya sudah berkurang, fungsinya pun sebagai pelindung agar air tidak masuk menjadi berkurang juga. Harus segera mungkin diganti karena jika tidak, air bisa masuk ke dalam tangki hingga menyebabkan banyak masalah seperti bagian dalam tangki berkarat dan keropos, hingga masalah pada bagian injector atau fuel pump seperti motor jadi mbrebet dan sejenisnya.

Pada All New Honda CB150R, sil karet pada penutup tangki bahan bakar ini ada 2 macam. Sil karet yang pertama berfungsi sebagai sil pada penutup tangki ke lubang tangki, sedangkan sil karet yang kedua untuk melindungi lubang kunci agar tidak dimasuki air yang bisa menyebabkan lubang kunci yang terbuat dari logam lama kelamaan bisa berkarat. Nah dibandingkan generasi sebelumnya yang masih bermodel jendol, penutup New Honda CB150R SF ini sudah semakin baik, baik dari sisi desain dan fungsinya.

Bagaimana dengan harganya ? Untuk tipe motor bebek atau matik kebanyakan, sil karet memang dijual terpisah dengan penutupnya, jadinya harganya cukup murah sekitar 3.500 s/d 4.000 an. Sedangkan untuk tipe sport, penggantian sil karet harus dilakukan satu set bersama penutupnya karena memang sil karetnya dirancang khusus, nggak bisa asal dilepas terus diganti. Untuk tipe All New CB150R, penggantian penutup tangki satu set dibanderol dengan harga 636 ribu rupiah. So, dirawat baik2 dan dicek selalu kondisi sil karetnya ya bro. (red)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Tinggalkan Jejak Ya Bro, Ngapunten Spam/Link Masuk Moderasi