First Sight Impression Inazuma 250, Besar Juga Nih Mongtors !!

DSC_01

Pembaca sekalian, liburan panjang menjadi momen pas untuk beristirahat dari aktifitas rutin yang dijalankan. Tak terkecuali fnc yang begitu menikamti liburan dengan beristirahat. Disela-sela istirahat tersebut, fnc memutuskan untuk rolling city berkeliling malang kota.

Yup, tepat dihari idul adha fnc berkeliling ke malang kota bersama temen akrab. Begitu nikmat hari itu, dimana lalu lintas sangat lengang hingga tak macet sedikitpun. Namun, namnya saja hari liburan pasti banyak tempat yang memutuskan tutup baik dealer atpm, bengkel, toko aksesoris dan sebagainya.

Tujuan utama sebenarnya tidak ada, hanya iseng jalan-jalan aja. Selepas daerah blimbing fnc lanjutkan ke selatan arah alun-alun malang. Secara kebetulan melewati dealer Suzuki Pusat Malang yang ternyat buka. Berhenti sejenak apakah ada yang menarik, eh ternyata ada Inazuma 250 yang dipajang di jajaran paling depan bersanding disebelah kumpulan satria fu ber-body baru.

Jarang-jarang nih ketemu inazuma langsung di malang. Jangankan begitu, fnc tak sekalipun pernah melihat sosok Inazuma 250 secara langsung dimalang entah itu di dealer suzuki lain atupun yang sliweran di jalanan malang kota. Rasa penasaran pun berkecamuk bagaikan ingin mengatakan cinta ke calon pasangan… hadeh gombal…wkwkwkk.

Baru juga memarkir BlueMX didepan dealer, si mbak sales nya langsung menghampiri dengan ramah. “Ada yang bisa dibantu mas?” begitu katanya. Wah, sales yang baik nih. Di Yamaha Lawang saja pada duduk santai meskipun ada konsumen datang. Efek motor laris manis kali ya. Langsung saja fnc meminta brosur untuk melihat update harga terkini dari produk Suzuki di malang. Mbaknya pun melanjutkan menjelaskan, ‘ini mas ada banyak produk injeksi’. Wow Suzuki mulai getol memasarkan produk injeksinya. Bahkan Satria FU pun tidak ditawarkan lebih dahulu, maklum masih karbu kali yak. Mbaknya pun menjelaskan, pada pembelian produk Suzuki tidak ada yang istilah inden, semua ready stock.

Saya pun langsung nyambar pembicaraan dengan mengalihkannya ke produk Inazuma 250. Dikatakan oleh beliau, untuk Inazuma 250 yang ready adalah warna merah seperti yang dipajang di dealer tersebut. Harga Inazuma sendiri dimalang dipatok senilai 49.000.000  rupiah, akan ada potongan harga sebesar 1 juta jika pembelian dilakukan secara tunai lho. Oleh karena itu, menurut mbaknya banyak pembeli Inazuma 250 yang lebih memilih cash dibandingkan harus kredit yang jika ditotal bisa 20 juta lebih mahal.

Kesan pertama bertemu Inazuma 250, wuih motor ini besar juga ternyata, beda jauh dengan di foto yang kelihatan tidak pas antara desain body dan engine nya. Dari segi tangki begitu besar hingga pas dipeluk tangan xixixi. Dashboard speedometer cukup informatif, dengan paduan digital untuk speed meter dan analog untuk rpm meternya membuat terkesan cukup simpel tak banyak pernik yang dijejalkan. Ada pula indikator FI yang memperlihatkan injeksinya dan juga indikator suhu, tak lupa indikator persneling turut diikutsertakan.

Meskipun didesain pure motor touring, Inazuma 250 tetap menggunakan setang model jepit layaknya Satria FU dan motor2 Pulsar yang tentunya membuat gagah tampilan. Namun sayang disekian banyak yang menarik, kunci kontak masih mengadopsi model konvensional tanpa pengaman jenis magnet jelas hal ini mengurangi nilai dari motor premium seperti Inazuma.

Untuk tampilan body keseluruhan memang jauh dari kesan sporty mungkin karena memang ditujukan untuk fungsi touring. Berbeda dengan ninja 250 ataupun CBR 250. Meskipun secara body biasa saja, Inazuma 250 nyata begitu besar. Dimensi tempat duduk sangat lebar sehingga serasa nyaman duduk diatas jok inazuma 250. Begitu juga segitiga ergonominya, jauh dari kesan capek untuk perjalanan jauh, jauh pula dari kesan nungging layaknya motor2 sporty, touring banget yang jelas.

Salah satu sisi yang membuat fnc tertarik adalah kala melihat mesinnya. Begitu terlihat bersih dan rapi meskipun mengadopsi sistem radiator yang notabenenya ribet dengan selang yang begitu banyak. Begitu juga dengan kontruksinya, meski memiliki spesifikasi 2 silinder dengan 2 keluaran knalpot tetap terlihat rapi. Sangat terlihat gagah dengan desain mesin tegaknya.

Kala mengintip sisi kanan blok oli mesinnya, wow ada indikator olinya lho untuk memudahkan pengguna melihat habis tidaknya oli atau keruh tidaknya oli. Baru kali ini fnc melihatnya, entah apakah di Ninja 250FI, Z250 dan CBR 250 ada juga fitur ini atau tidak. Meskipun jika dikomparasikan dengan kelas 250 lainnya Inazuma kurang begitu menarik dari segi desain dan performa, namun aura moge sangat terasa dengan body bongsor nya.

Salah satu poin yang mengurangi penampilan adalah desain spakbor untuk roda depan yang terlihat begitu besar dan panjang hingga membuat kurang seimbang jika dibandingkan dengan batok lampu yang jadi terlihat kecil. Tentu saja dari kesemua itu ada hal penting lain yang dimiliki Inazuma 250, adalah ketersediaan standar tengah yang memudahkan kita dalam berbagai kegiatan yang dilakukan sendiri. Poin ini yang tidak dimiliki oleh jajaran sport 250cc yang lain seperti ninja 250 dan CBR250R bahkan Pulsar 200NS sekalipun  seingat saya :mrgreen: (fnc)

Gallery Suzuki Inazuma 250 :

Advertisements
13 Comments

Sopan Berkomentar Kamipun Segan