First Look – Yamaha Soul GT 125

Soul GT125 - Front

Selamat Pagi Pembaca Sekalian. Meskipun belum di rilis secara resmi, Yamaha Soul GT 125 sudah ter-display di beberapa di dealer yamaha di Kota Malang. Seperti yang terdapat di area fnc tinggal misalnya, dari peluncuran resmi tanggal 3 maret lalu Soul GT 125 fnc jumpai saat ini loh.

Nah kali ini akan kita bahas sekilas tentang line up matic entry level terbaru milik Yamaha Indonesia yaitu Soul GT 125. Namanya mirip dengan Xeon GT125 namun berbeda secara produk. Secara tampilan, baik Xeon GT125 maupun Soul GT125 memiliki basis headlamp yang serupa namun tak sama.

Desain Headlamp dan Sein – Jika Xeon GT125 yang sudah dirilis lebih awal mencomot basis desain headlamp Mio Soul, berbeda dengan Soul GT125 yang mencomot basis desain CBR series baik CBR 125, 150 maupun 250, namun dibuat lebih mungil untuk ukuran motor matic. Bedanya, desain headlamp Soult GT125 terpisah dengan lampu sein yang ditempatkan di samping tepi kanan dan kiri seperti desain sein lamp dari MX King 150. Meskipun terbilang mirip desain DNA CBR series, namun dari jajaran produk yamaha, desain headlamp Soul GT125 bisa dibilang lebih fresh dan baru untuk konsumen yamaha dan produk matic pada umumnya.

Soul GT125 - Tail Lamp

Desain Tail Lamp – Seperti yang pernah fnc katakan di artikel sebelumnya. Desain tail lamp Soul GT125 mirip dengan moge Honda VFR, dimana meskipun tail lamp dan sein menyatu, namun dibuat aksen terpisah-pisah secara jelas. Berikut juga behel / pegangan belakang yang didesain 2 sisi.

Desain Body dan Jok – Soul GT125 terbilang gambot secara body fairingnya. Hal ini disebabkan pengaplikasian headlamp dengan dimensi lebar di bagian depan, juga mengakomodir bagasi luas di sisi belakang yang membuat bagian buritan turut berdimensi lebar, jauh dari kesan ramping. Meskipun demikian tak mengurangi dari kelebihan dari fungsi yang diberikan. Misalnya saja desain buritan yang lebar juga dibarengi dengan desain jok (tempat duduk) yang lebih lebar pula dari biasanya sehingga mampu meningkatkan kenyaman duduk pengendara.

Dashboard – Beralih ke bagian dashboard speedometer dan juga sekelillingnya. Secara tampilan tak terlalu spesial alias biasa saja. Pada panel speedometer terdapat indikator standar model analog dari speedometernya sendiri dan indikator bahan bakar. Kemudian odometer untuk pengukur jarak tempuh perjalanan anda dan juga indikator sein, lampu jauh, netral dan indikator standar lainnya.

Engine – Sebagai produksi terbaru di segmen matic entry level yamaha, mesin Soul GT125 sudah mengadopsi teknologi Bluecore yang mana secara teknis cara kerja dan manfaat teknologi ini identik dengan teknologi eSP pada matic honda. Dimana memanfaatkan efisiensi tenaga dengan tetap memprioritaskan irit bahan bakar.

Body Quality – Seperti produk yamaha dan motor lain pada umumnya, material body Yamaha Soul GT125 berbahan plastik di seluruh bagi body fairingnya. Namun, terdapat perbedaan kualitas seperti pada bagian depan motor di area headlamp. Body plastik yang menggunakan cat hitam metalik cukup kokoh dan lebih tebal kala fnc ketuk dengan jari, namun berbeda dengan material plastik yang bertekstur dof, kualitas material lebih tipis dan terkesan ringkih dan rawan dari benturan. Bisa jadi Yamaha memiliki tujuan tersendiri dari pemilihan bahan berbeda ini.

Nah, demikian sekilas yang bisa fnc bagikan dari awal kali berjumpa langsung dengan Yamaha Soul GT125. Diluar konteks bahasan tersebut diatas, fnc masih melihat pengaplikasian ban depan dan belakang yang masih terlalu kecil untuk body bongsor Soul GT125, meskipun secara ukuran ban depan sudah dibekali 80/80-14 dan ban belakang dibekali ukuran 100/70-14. Mungkin tapak lebar velg nya yang perlu di koreksi untuk mendapatkan komposisi perbandingan ideal antara roda dan body bongsornya secara keseluruhan. Brosis jika bisa melihat sisi belakang pada Soul GT125 ini, antara spakbor belakang dan roda belakang terlihat asimetris, bisa jadi perlakuan salah saat pendistribusian atau bisa jika cacat produk dari pabrikan yang tidak terjadi pada semua unit produk yang bersangkutan. (fnc)

Photo Gallery – Soul GT125 :

 

_________________

Related Post :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

No Comments

Tinggalkan Jejak Disini....