First Look Impression Yamaha YZF-R15 , Nuansa Sporty Kental Terasa……. [Fast Review on Malang City]

Yamaha YZF-R15
Yamaha YZF-R15

Jumpa lagi pembaca sekalian, hari libur yang aneh minggu ini. Bagaimana tidak, bekerja di instansi pemerintahan menjadikan fnc turut mengikuti aturan libur yang telah ditetapkan. Masuk-Libur-Masuk-Libur-Masuk-Libur menghiasi minggu ke-5 bulan Mei 2014. Nah, berhubung kondisi fnc sudah mulai membaik untuk bisa ‘keluyuran’ lagi, fnc sempatkan kemarin untuk melakukan agenda tertunda. Yang salah satunya pengen lihat ketersediaan Yamaha YZF-R15 di dealer Yamaha Malang Raya.

Berhubung ada juga keperluan ke Malang Kota, fnc langsung tancap gas untuk kemudian mampir ke Dealer Yamaha Pusat Malang di kawasan Blimbing Malang. Jam sudah menunjukkan 5 sore, sesampai disana fnc sedikit memperlambat laju BlueMX, nah lho ada unit Biru Putih dengan Fairing, “klik” pikir fnc pasti Yamaha YZF-R15. Langsung, BlueMX fnc belokkan untuk parkir tepat didepan dealer Yamaha Blimbing tersebut.

Untuk informasi, dealer Yamaha Blimbing ini adalah satu dari sekian banyak dealer yamaha yang menjadi rujukan servis motor yamaha karena pelayanannya yang cukup baik, cepat dan professional. Jangan heran kalau brosis servis disini, harus datang pagi sekali untuk mendapat antrian awal atau kalau tidak bakal lama nunggunya :mrgreen:

Setelah parkir motor, fnc samperin tuh mas sales yang lagi Stand-By yang belakangan fnc tahu bernama mas Wahyu dari beberapa obrolan selanjutnya. Tak menunggu lama, fnc ijin mengambil gambar dan dipersilahkan. Dalam hati, wah kesampaian bener nih nyentuh Yamaha YZF-R15 yang dulu hanya bisa melihatnya di situs-situs asal India. #melas men toh…. wkwkwk……

Sedikit ambil foto-foto, fnc kemudian coba naiki sport 150cc terbaru milik Yamaha Indonesia ini. Wow….. kaget. Ternyata jangkauan tempat duduk ke tanah tidak tinggi-tinggi amat brosis, dengan tinggi 172cm fnc bisa menapak ke tanah tanpa jinjit balet.

Yamaha YZF-R15, Tank
Yamaha YZF-R15, Tank

Sensasi besar nya body dari atas motor tak berbeda dengan saat fnc mencoba Ninja 250R meskipun untuk dimensi tangki Ninin 250 memang lebih besar, Edyan bener nih basis vixion yang disulap jadi sport tulen bak moge sport berfairing lainnya. Coba mengapit tangki Yamaha YZF-R15, fnc jadi teringat saat menggunakan Yamaha Vixion generasi pertama, lah wong memang serupa ^_^.

Setelah merasakan sensasi diatas Yamaha YZF-R15 berwarna biru-putih (*warna kesukaan fnc nih kalo ada biru-birunya 😀 ), fnc coba sudut ergonomi berkendaranya. Saat menaruh tangan pada kemudi, terasa sekali aura sporty nya. Untuk menjangkau kemudi, pengendara akan sedikit merunduk ke depan, sensasi paling kentara saat posisi ini adalah bagian buritan yang terasa nungging abis akibat pengaplikasian arm-aluminium model banana di Yamaha YZF-R15.

Pikir fnc, sudut ergonomi berkendara Yamaha YZF-R15 ini jadi kurang “recommended” kala digunakan untuk perjalanan jauh yang berakibat pengendara cepat lelah karena posisinya yang sedikit merunduk. Namun harus dibuktikan dengan jalan nih…. yah semoga dapet kesempatan dari Yamaha untuk touring pake nih motor suatu saat.

Yamaha YZF-R15, Best Angel
Yamaha YZF-R15, Moge Look

Selanjutnya, fnc coba untuk memindahkan transmisi motor anyar yamaha yang dibekali 6-percepatan ini. Coba fnc tekan perlahan, tak ada gejala ‘alot’. Silent dan lembut perpindahan transmisi dari Yamaha YZF-R15 ini, begitu juga saat fnc coba masukkan gigi transmisi lebih cepat, tetap tak berisik dan lembut.

Setelah menjajal tuas transmisi, fnc lanjutkan mencoba tuas rem belakang. Sedikit aneh karena saat fnc berusaha melakukan pengereman, fnc merasakan terlalu dalam. Entah apakah settingannya seperti ini, namun bagi fnc lebih baik menyetel jarak pengereman untuk tuas belakang lebih dangkal.

Kembali pada kemudi Yamaha YZF-R15, fnc mencoba belokkan tuh kemudi ke kanan – ke kiri. Bagi yang nggak biasa dengan motor sport fairing memang aneh, dibelokkan body nya masih lurus aja wkwkwk….. untuk mengubah posisi kemudi fnc merasakan berat saat diatas Yamaha YZF-R15, berbeda dengan saat mencoba vixion yang terkesa enteng, apa mungkin pengaruh titik berat yang condong ke depan ya, namun akan berbeda jika sambil jalan, lagi-lagi perlu dibuktikan suatu saat, kalo diberi kesempatan.

Mencoba melihat kualitas plastik untuk fairing Yamaha YZF-R15, lumayan tipis terkesan ringkih. Mungkin dikarenakan model fairing yang bersusun layaknya Jupiter Z1, namun jika dibandingkan dengan fairing BlueMX, terasa lebih kokoh BlueMX loh, bisa jadi hal tersebut bertujuan untuk aerodinamika motor itu sendiri, agar fairing di sekujur tubuh R15 tak terlalu membebani dan mengurangi power R15 itu sendiri.

on Yamaha YZF-R15
on Yamaha YZF-R15

Wah, diatas Yamaha YZF-R15 lama-lama keracunan nih karena pengen beli xixixii. Cukup singkat fnc mencoba-coba dan selanjutnya ngobrol2 dengan mas sales nya tentang produk2 yamaha lainnya, untuk banderol harga yang OTR Malang untuk Yamaha YZF-R15 ini sama seperti informasi fnc sebelumnya, di Malang Raya Yamaha YZF-R15 dijual seharga Rp. 29.500.000. Sayang, untuk simulasi kredit untuk Malang Raya belum juga keluar menurut mas wahyu, so fnc belum bisa memberikan informasi detail simulasi kredit R15 area Malang saat ini.

Untuk 2 Unit yang fnc review ternyata sudah ada pemiliknya, pemiliknya adalah konsumen yang sudah melakukan inden online beberapa waktu lalu. Menurut mas wahyu, antusiasme konsumen cukup baik untuk unit R15 ini, bahkan ada konsumen yang berani membayar 30 juta loh, untuk mengambil unit yang sudah siap tersebut, namun tetap tidak bisa karena barang tersebut milik konsumen inden online, menurut beliau unit2 tersebut akan dikirim hari ini nanti kalo nggak salah denger, wah beruntung fnc bisa ngumek-ngumek YZF-R15 duluan sebelum pemiliknya 😀 . Mas Wahyu ini cukup ramah menjawab apa-apa yang fnc tanyakan…sukses buat beliau. Overall, keren abis dah si Yamaha YZF-R15. Next… Yamaha YZF-R25 yang harus dicoba….. (fnc)

* Untuk Konsumen Yamaha di area Malang Raya, yang berminat produk R15 atau produk lainnya silahkan hubungi dealer Yamaha Blimbing a/n Mas Wahyu CP. 0341-9562263 / 0857-85174425

All Pictures – Yamaha YZF-R15 :

_______________

Related Post :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

No Comments

Tinggalkan Jejak Disini....