First Look All New CBR150R 2016 …… Desain Ciamik dan Proporsional Bersama Fitur Yang Melimpah

all new CBR150R AHRT 2

Pembaca sekalian, all new CBR150R 2016 yang di launching di surabaya minggu lalu memang menjadi pembuka dari berbagai acara launching produk tersebut di daerah lainnya di wilayah jawa timur. Nah.. berkenaan FN minggu lalu menghadiri acara launching disurabaya tersebut, akhirnya bertemu langsung nih dengan sport fairing andalan di kelas 150cc yang di sebut-sebut mirip Yamaha R125.

Itu sih sudut pandang saat hanya melihat sekilas dari gambar namun melihat aslinya didunia nyata ternyata overall berbeda. Hmmm harus darimana nih memulainya… karena sesi acara ini begitu singkat dengan beberapa agenda yang harus FN ikuti, maka ulasannya menjadi sekilas pula. Namun mudah-mudahan mampu menjawab rasa penasaran pembaca.

Sekilas melihatnya maka semua orang akan tertuju pada desain body secara total. Yup, CBR150R kali ini memang mengusung desain yang benar-benar baru… jika konsumen CBR150R lokal generasi pertama begitu ngebet pengen desain yang futuristik maka AHM sudah menjawabnya pada All New CBR150R ini.

Sudut-sudut body dibuat tajam yang berkesan semakin agresif dan garang dibandingkan model CBR150R 2015. Untuk memperkuat kesan agresif dan futuristiknya, All New CBR150R mengaplikasikan model fairing dual layer dengan desain yang tidak lagi menjadi satu namun bertumpuk-tumpuk. Ciri khas desain keren sport jaman sekarang nih…. namun desain fairing All new CBR150R lokal generasi kedua ini lebih ramping ketimbang generasi pertama CBR150R K45.

all new CBR150R AHRT Headlamp

Headlamp juga menjadi bagian desain yang paling disorot kala pertama kali berjumpa dengan All New CBR150R. Masih terlihat dari depan namun desainnya dibuat lebih merunduk dengan dimensi reflektor yang lebih kecil dari model yang lama yang terkesan terlalu melotot. Headlamp All New CBR150R mengusung teknologi LED yang begitu terlihat asyik saat malam malam hari dengan cahaya khas nya yang putih… menambah kesan mewah motornya sendiri

Desain spion yang kurang greget di generasi pertama di jawab Honda melalui All New CBR150R. Futuristik dengan desain sudut-sudut tajam dan mengusung konsep gagang spion yang bisa dilipat. Jangkauan dengan pengendaranya pun gak seberapa jauh dibandingkan generasi 2015… jadi lebih mudah men-setting posisi spion ke arah yang pas sesuai kehendak kita.

all new CBR150R AHRT sisi belakang

Desain braket plat nomer juga sepertinya merupakan masukan dari banyak pihak, penempakan plat nomor di visor wind shield sport fairing membikin jelek tampilan. Itu mengapa desain braket plat nomor All New CBR150R di posisikan dibawah dibagian depan lampu utama. Dengan begini tidak mengganggu pandangan dan pemilik tidak perlu repot menyelipkan TNKB di belakang visor wind shield.

Lampu penerangan. Seperti halnya New CB150R, All New CBR150R sudah mengusung LED pada semua piranti penerangannya. Baik headlamp (lowbeam, highbeam, passbeam), lampu sein, tail lamp, stop lamp semua menggunakan LED. Sepertinya honda ingin membuat tren hemat daya namun dengan durabilitas pemakaian yang lebih tahan lama ketimbang mode bohlam.

Desain buritan, konsep jok terpisah diterapkan oleh Honda pada All New CBR150R kali ini. Bagian jok boncenger jadi terlihat nungging meski tidak separah kompetitornya. Desain body dibagian belakang pun menjadi lebih pipih dari sebelumnya… karena itu lampu belakang dibuat sekecil dan sesimpel mungkin agar lebih proporsional. Jok boncenger kenyataannya pun tidak landai seperti CBR150R generasi pertama, bisa jadi kenyamanan boncenger akan sedikit berkurang karena desain buritan yang nungging ini. Meskipun demikian, saat salah seorang rekan blogger melakukan tes boncengan posisi boncenger cukup proporsional ketinggiannya.

all new CBR150R AHRT Rear Look2

Behel belakang. Dengan desain baru ini, All New CBR150R tidak lagi menggunakan behel belakang brosis, namun fungsinya di gantikan oleh lekukan body belakang dibagian bawah yang difungsikan sebagai pegangan untuk menggeser motor atau apalah. Konsep desain ini mirip dengan tetangga sebelah yang sudah tidak menggunakan behel sejak lama.

Desain mesin dan kelistrikan, berbicara mesin All New CBR150R sama persis dengan New CB150R karena memang menggunakan basis mesin yang sama. Tidak ada perbedaan pada tampilan fisik mesin All New CBR150R dengan versi naked nya tersebut selain hilangnya kick starter. Yup. All New CBR150R all varian tidak lagi menggunakan kick starter, karena secara beban daya kelistrikan juga berkurang karena penggunaan LED, jadi tinggal memaintenance accu nya aja brosis…. kalau sudah perlu di ganti lebih baik disegerakan agar tidak mengganggu fungsi kelistrikan lainnya.

Suspensi dengan model pro-link tetap menjadi value lebih dari All New CBR150R. Itu mengapa meskipun dibebani boncenger, suspensi belakang tak terlalu ambles berlebihan.

Desain knalpot. Sekilas mirip dengan CB150R… fungsinya meredam bunyi terlihat maksimal. Model knalpot All New CBR150R ini menyumbang suara halus All New CBR150R sehingga tidak berasa mengendarai motor dengan mesin DOHC yang secara suara berkesan gahar.

Dashboard speedometer full digital beserta tachometer nya juga. Mengusung konsep motor hi-perform dan hi-tech menjadikan All New CBR150R tidak salah jika dibekali fitur-fitur yang lebih dibandingkan kompetitornya.

Ban, ukuran ban juga tetap mempertahankan konsep big bike look dengan pengaplikasian tapak ban lebar. Kombinasi 100/80 (Depan) dan 130/70 (Belakang) menjadi ukuran yang pas untuk motor bermesin 150cc.

Overall secara desain pembaruannya membuat yang melihat bakal kepincut brosis, berikut dengan segala kelebihan fitur-fitur yang dimilikinya. Meskipun mengusung konsep buritan nungging layaknya kompetitor, All New CBR150R lebih proporsional dari depan hingga belakang, jadi tidak berkesan terlalu njomplang karena depan kependekan dan belakang ketinggian. Honda terlihat memadukan konsep CBR150R generasi pertama dengan kelebihan kompetitor dengan tetap menyempurnakan kelebihan yang sudah ada. (~FN)

Galeri Foto All New CBR150R 2016 :

==============
Contact Person :

Email : fncounter.blog@gmail.com
Invite BBM : 794C91C4
FB : www.facebook.com/fncounter
Twitter : @fncounter_blog
==============

Advertisements
One Comment

Sopan Berkomentar Kamipun Segan