First Impression Bertemu Honda CB150 Verza … Cocok Jadi Penerus Kejayaan GL Series dan MegaPro Lawas [Galeri Foto]

Motomaxone.com – Hadir di JIExpo Jakarta pada selasa lalu (20/2), saya berkesempatan untuk melihat langsung penampakan anyar dari Honda CB150 Verza. Hampir secara keseluruhan bodynya memang mengalami penyegaran setelah 5 tahun tanpa perubahan di generasi honda verza. Bagaimana impresi bertemu dengan motor terbaru  Astra Honda Motor ini ?

Sekilas melihatnya, motor ini kental dengan aura Verza generasi sebelumnya meskipun sekarang sudah berlabel CB150 Verza. Bagian yang paling terlihat berubah adalah desain headlampnya. Batok lampu depan menggunakan model bulat yang memperkuat aura klasik namun diatasnya sudah dibekali dengan spidometer full digital, spido digital ini sepertinya common part dengan CRF150L dan juga Beat Street yang memiliki model yang sama. Untuk detailnua saya buat artikel terpisah nantinya..

Batok lampu bulat ini dibekali dengan lampu bohlam berjenis Halogen untuk lampu utamanya, kemudian ditambahkan dengan lampu kecil untuk fungsi lampu senja. Batok lampu belakang masih nggak bisa Move On dari desain lampu belakang Megapro Primus dan Verza generasi pertama, namun sebagai pembeda ada penyegaran desain dari mika lampunya yang mana dibagian tepi diberikan aksen warna hitam.

Yang menarik, body atas dari batok lampu belakang diberikan aksen carbon brosis mungkin bertujuan agar tidak mudah lecet (seperti cat metalik) saat anda membawa beban barang bawaan dibagian belakang, pas untuk motor pekerja yang fungsional.

Di artikel sebelumnya saya beranggapan bahwa CB150 Verza ini mengambil sebagian desain Tiger 2000. Hal ini bisa brosis lihat dari desain shroud disamping kanan dan kiri tangki bahan bakar. Meskipun nggak identik sama, namun sekilas anda akan merasakan memorial with honda Tiger 2000 dibaju Honda CB150 VERZA ini.

Untuk panel saklar di samping kanan dan kiri kemudi sama persis dengan verza generasi pertama, sama pula dengan generasi CB150R Streetfire.Panel sebelah kiri tersedia saklar high-low beam, klakson dan saklar sein. Sedangkan panel saklar disebelah kanan lebih lega karena hanya ditempati starter mesin.

Suspensi belakang menggunakan dobel suspensi kiri dan kanan besutan Showa. Jika Verza generasi sebelumnya identik dengan ciri khas suspensi belakang berwarna merah, tidak begitu halnya dengan Honda CB150 VERZA ini, dimana honda lebih memilih warna hitam.

Bagian mesin terlihat khas verza dan crf150l yang memang berbasis mesin sama.  Sedangkan di bagian knalpotnya terdapat tulisan ‘verza’. Untuk sektor pengereman, semua varian CB150 Verza tidak dibekali dengan cakram dibagian belakang karena menggunakan model tromol, disinyalir untuk lebi mengjemat cost produksi.

Untuk velg CB150 Verza ini sepertinya tidak ada peningkatan dibandingkan verza generasi sebelumnya jika melihat dari ukuran ban yang digunakan. Khas motor pekerja keras, dari sektor kaki-kaki nggak terlalu bergaya. Hal ini bisa dimaklumi karena pangsa pasar yang dibidik memang lebih luas dibandingkan CB150R Streetfire.

Overall, banyak perubahan yang dimiliki CB150 VERZA ini dibandingkan generasi sebelumnya. Hal ini bisa jadi merupakan apresiasi untuk konsumen yang sudah setia selama 5 tahun ini menanti tanpa banyak perubahan sebelumnya. Saya sendiri melihat kesan berbeda dari CB150 Verza ini dibandingkan dengan sebelumnya. Meskipun tidak banyak perubahan dari sisi performa mesin, namun tampilan pun bisa lebih segar dengan penyegaran yang sudah dilakukan honda. Mengapa total merubah konsep desainnya ? sekali lagi CB150 Verza menempati pasar motor naked sport entry level dan sendirian mengisi segmen ini. (red)

GALERI FOTO :

BERITA LAIN :

Advertisements

Sopan Berkomentar Kamipun Segan