Diskusi Ringan Posisi Harga 16,9 Jutaan Untuk Mio 125 SSS alias MIO M3 AKS SSS di Jawa Timur

yamaha-mio-m3-bluecore1

Pembaca sekalian, beberapa pengunjung blog merespon tentang produk anyar yamaha indonesia yaitu Mio 125 SSS yang kemarin sempat admin rilis kabar beritanya. Sebenarnya motor baru yang satu ini merupakan varian skuter matic yamaha yang mana? Mari kita diskusikan…

Dari beberapa informasi yang masuk ke meja redaksi, akhirnya ketemu juga masuk dalam varian apa Mio 125 yang sudah dibekali SSS ini. Salah satu narasumber motomaxone menyebutkan bahwa ada kode produk baru yang saat ini masuk dalam daftar penjualan yamaha indonesia yaitu MIO M3 AKS SSS.

Dari penyebutan SSS yang sama dengan fitur yang dimiliki Mio 125 yang kemarin admin ulas, ternyata Mio 125 baru dengan SSS yang dimaksud adalah varian MIO M3 yang dilengkapi dengan SSS. Untuk SSS nya sendiri, admin sudah membahasnya diartikel sebelumnya yaitu fitur Start Stop System, sedangkan kode produk AKS pada Mio M3 AKS SSS  adalah fitur lainnya yang disematkan yaitu Advance Key System.

Bocoran informasi mengenai harganya akhirnya admin dapatkan. Di area jawa timur misalnya, MIO M3 AKS SSS ini dibanderol dengan harga Rp. 16.915.000,-

Sekarang kita bahas mengenai banderol harga. Menurut pengamatan admin, dari jajaran skuter matic yang dimiliki yamaha saat ini, MIO M3 Series ditempatkan sebagai produk matic Low-end. Artinya motor ini merupakan varian terendah dari skuter matic 125cc milik yamaha saat ini.

Harga termurah dari MIO M3 dimiliki oleh varian MIO M3 125 Bluecore SP yang dibanderol 14,7 juta rupiah. Sedangkan untuk varian MIO M3 tipe CW dibanderol 16,015 juta rupiah. Ini artinya perbandingan harga 2 varian tersebut mencapai 1,3 juta rupiah. Sedangkan untuk tipe MIO M3 AKS SSS yang baru ini dibanderol 16,915 juta rupiah.

MIO M3 AKS SSS memiliki harga lebih mahal 900 ribuan dibandingkan dengan tipe CW dari varian reguler MIO M3. Namun saat dibandingkan dengan MIO M3 tipe CW, selisih harga dengan M3 AKS SSS mencapai 2,2 jutaan.

Tentu yang menjadi pertanyaan bagi admin yaitu apakah tidak terlalu mahal ??  Meskipun varian MIO M3 AKS SSS ini dibekali dengan teknologi Advance Key System dan Start Stop System namun seharusnya selisih harga dengan varian MIO M3 yang lain tidaklah terlalu tinggi sehingga masih worth lah untuk konsumen yang memilik produk low-end.

Bagaimana dengan harga produk lainnya? Admin tidak akan mengkomparasi dengan harga produk kompetitor. Namun lebih pada persaingan sesaama produk yamaha saja.

MIO M3 AKS SSS yang dihargai segitu saja tentu sudah memberikan kebimbangan untuk konsumen dalam memilih produk. Harganya menjadi lebih mahal dibandingkan dengan Mio Z yang dibanderol 16,3 jutaan, padahal admin lebih prefer kalau fitur AKS SSS ini disematkan lebih dahulu pada Mio Z yang tentunya secara varian produk lebih baru ketimbang Mio M3.

Dari rentang harga 16,9 juta dari Mio M3 AKS SSS tersebut juga begitu mepet dengan skuter matic yang lebih laris saat ini yaitu SOUL GT 125 headlamp LED yang memiliki harga 17,3 jutaan untuk varian termurah.

Selisih harga MIO M3 AKS SSS yang terlalu dekat dengan Soul GT 125 bisa jadi akan menjadi boomerang bagi produk yamaha sendiri. Kalau MIO M3 AKS SSS ini tidak dibekali dengan headlamp LED yang lebih terlihat modern maka konsumen akan lebih memilih New Soul GT 125 LED. Begitu dilematis posisi harga yang berdekatan seperti ini. (red)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *