Dibalik Cerita MotoGP Qatar 2004 … Dari Penalty Hingga Gagal Finish Valentino Rossi

Motomaxone.com –  Bagi penggemar motogp sebuah foto diatas tentu memiliki kenangan yang tak terlupakan dari sirkuit losail qatar. Kisah ini terjadi pada tahun 2004 silam dimana penyelenggarakan motogp di sirkuit losail qatar masih diadakan pada siang hari, bukan seperti sekarang yang diselenggarakan pada malam hari.

Motor yamaha milik Valentino Rossi tertunduk lesu dengan kondisi yang tidak cukup baik pasca kecelakaan rider penunggangnya. Winshield YZR-M1 bersponsor Gauloises pun hilang entah kemana. So bisa dipastikan Rossi pun mengalami kegagalan untuk meraih poin penuh disini.

Di Qatar 2004, Sete Gibernau lah yang tersenyum dengan kesuksesannya menjadi juara seri qatar 2004. Berbeda dengan Sete, Rossi sendiri harus mengawali balapan di posisi terakhir akibat penalti 6 detik yang diterimanya. Kesalahannya sepele, kru mekanik yamaha melakukan kesalahan karena membersihkan grid startnya.

Meskipun demikian, Rossi masih bisa melakukan perlawanan. Start di posisi akhir nyatanya mampu menembuh posisi ke 7 selepas lap pertama. Gaya balapnya yang agresif saat itu membuat dirinya mampu memperbaiki posisi menjadi posisi ke-4 pada lap kelima. Gaya balap yang agresif ini sampai membuat kerugian pada Alex Barros yang terlibat senggolan hingga Baros pun sempat keluar jalur.

Gaya agresif Rossi ini akhirnya kena batunya seperti pepatah bilang ‘Sepandai-pandai tupai meloncat, akhirnya jatuh juga’. Pada lap ke 6, Rossi tak sengaja melewati tikungan dengan lintasan yang berpasir saat itu. Inilah yang mengakibatnya Rossi pun terjatuh hingga tidak bisa melanjutkan balapan.

Rossi yang sebelumnya sudah cukup baik mengawali balapan, tak mampu membendung penyesalannya tersebut. Beberapa kali dirinya menggelengkan kepala pertanda penyesalannya yang gagal finish untuk kedua kalinya pada musim balap motogp 2004. Namun tentunya tak hanya Rossi yang mengalami kegagalan saat itu. Dari catatan saya, beberapa pembalap pun juga mengalaminya seperti Marco Melandri (Yamaha) dan Jeremy McWilliams (Aprilia). Meskipun demikian, di tahun tersebut Rossi masih memimpin poin klasemen sementara dengan torehan 229 poin.

Hasil MotoGP Qatar2004 :

  1. Sete Gibernau (ESP) Honda 44:01.741
  2. Colin Edwards (USA) Honda 1.315
  3. Ruben Xaus (ESP) Ducati 23.844
  4. Alex Barros (BRA) Honda 25.434
  5. Max Biaggi (ITA) Honda 26.854
  6. Nicky Hayden (USA) Honda 29.560
  7. Norick Abe (JPN) Yamaha 49.296
  8. John Hopkins (USA) Suzuki 52.909
  9. Alex Hofmann (GER) Kawasaki 1:00.456
  10. Makoto Tamada (JPN) Honda 1:01.897
  11. Yukio Kagayama (JPN) Suzuki 1:11.143
  12. James Haydon (ENG) Proton 1:52.150
  13. James Ellison (ENG) WCM 1:53.900
  14. Carlos Checa (ESP) Yamaha

OUT :

  • Loris Capirossi (ITA) Ducati
  • Marco Melandri (ITA) Yamaha
  • Jeremy McWilliams (GBR) Aprilia
  • Neil Hodgson (GBR) Ducat
  • Valentino Rossi (ITA) Yamaha
  • Shinya Nakano (JPN) Kawasaki
Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *