Detail Honda Supra GTR 150……. Yang Masih Penasaran Silahkan Dibaca Brosis !! [ Plus 30 Galeri Foto]

kanan-supra-gtr-150

Pembaca sekalian, meskipun sudah diluncurkan secara resmi Honda Supra GTR 150 masih memberikan rasa penasaran pada salah satu pembaca otobikers. Kiriman email yang menanyakan tentang ulasan detail dari bebek super honda ini akan OB ulas di artikel ini.

Sebenarnya sudah cukup banyak yang membahas detail produk Honda Supra GTR 150 namun tak ada salahnya OB akan mengulas dari sudut pandang OB sendiri. Seperti biasanya dikarenakan menjelaskan bermacam bagian akan kita ulas dalam beberapa poin.

  • Tampak depan tak asing bagi pengguna motor bebek karena desainnya bebek banget. Namun tampak lebih garang karena didukung body yang mengusung konsep dual layer. Bagi OB mirip dengan NJMX mata elang.
  • Tampak belakang Supra GTR 150 lebih ramping dari kompetitornya. Hal ini dikarenakan honda memang mendesain body depan dan belakang lebih proporsional.

samping-belakang-supra-gtr-150

  • Tampak samping kanan dan kiri menjadi posisi favorit OB untuk melihat Supra GTR 150 lebih menarik. Dari body samping anda akan melihat sistem aerodinamik dari sirkulasi angin. Lebih banyak dari MX yang mungkin difungsikan untuk memaksimalkan sistem pendinginan mesin disamping fungsi radiator. Dari samping pula sebuah bagian body polypropylene dibentuk serupa dengan deltabox. Dimana penampakan mesin tegak 150cc ditonjolkan sehingga terlihat dari sisi luar.
  • Panel speedometer dibuat seperti motor skuter matic honda. Panel digital speedometer dibuat cukup luas sehingga kesan jadul desainnya masih terlihat. Namun dengan dashboar yang luas ini juga memudahkan penglihatan kita untuk memantau informasi yang ada di panel speedometer tersebut. Mengusung kombinasi digital + analog, honda masih mempertahankan model analog pada tachometernya sedangkan speedometer, gear position, fuel meter sudah digital. Terdapat pula MID seperti jarak tempuh sesaat dan odometer. Namun sayang tidak ada fungsi MID dari keberadaan waktu… padahal Supra GTR 150 ini mengusung konsep touring yang pastinya informasi waktu sangat bermanfaat.

panel-speedometer-on-supra-gtr-150

  • Mesin, 150cc DOHC memang memiliki basis yang sama dengan Sonic 150R, CB150R dan CBR150R. Hal ini terlihat dari mounting engine yang tidak terpakai pada Supra GTR 150.
  • Panel kanan, hanya ada satu tombol untuk elektrik starter.
  • Panel kiri, ada 3 fungsi tombol yaitu hi-beam dan low-beam, klakson (horn) dan sein. Yang disayangkan tidak ada fungsi pass-beam.
  • Karet grip kemudi, memiliki karakter material yang empuk seperti produk motor honda lainnya sehingga nyaman saat digenggam dalam perjalanan yang cukup lama.
  • Throttle alias gas, cukup ringan untuk OB sehingga tidak membuat pergelangan tangan kanan cepat pegal.
  • Kopling, tuas kopling juga menjadi faktor kenyamanan berkendara. Terasa empuk untuk betotan koplingnya.
  • Kunci kontak, sudah dibekali pengaman magnet dan modelnya tak terlalu berkesan baru.
  • Bawah Jok, tidak ada fitur bagasi dibawah jok seperti Supra X 125. Tidak ada tempat bagasi sama sekali seperti halnya kompetitor kuatnya MX King 150.
  • Suspensi depan lebih lebar jaraknya dan diameter as diperbesar menjadi 31mm. Jadi untuk diameter as shock sama besarnya dengan All New CBR150R ataupun All New CB150R. Mantab nih buat bahan modifikasi suspensi BlueMX :mrgreen:
  • Suspensi belakang, mengusung model monoshock. Dudukan bagian bawah langsung dihubungkan dengan swing-arm.
  • Swing-arm didesain kotak seperti sama besarnya dengan motor sport 150cc milik honda. Nggak salah jika sangat rigid dan stabil untuk kebutuhan menikung tanpa gejala geal geol di bagian buritan.

cakram-belakang-supra-gtr150

  • Double Cakram, Supra GTR 150 juga dibekali double disc brake seperti generasi supra 125. Untuk rem depan dan belakang sama-sama dibekali single piston. Harusnya bagian depan dibekali double piston agar fungsi rem depan lebih mantab… namun hal ini sedikit diperbaiki dengan fungsi piringan cakram yang dibuat lebar.
  • Accu / Aki dimana letaknya ? jika Supra X 125 diletaknya diarea bagasi dibawah jok maka untuk posisi accu dari Supra GTR 150 diletakkan seperti motor bebek lama honda yaitu di bagian samping kanan.. anda bisa membukanya covernya dengan kunci pas model bintang… funsi sekring juga ditempatkan didekat accu ini brosis.

tempat-aki-accu-supra-gtr-150

  • Gir Rasio, final gir Supra GTR 150 menggunaan perbandingan gir depan 15 dan gir belakang 44.
  • Braket plat nopol, braket ini biasanya dibuat dari material logam. Namun pada Supra GTR 150 dibuat dari bahan plastik yang elastis saat kita tekuk-tekuk.
  • Ban dan Velg, penggunaan ban juga cukup proporsional. Untuk bagian depan dengan velg 1,85” dibekali dengan ban ukuran 90/80-17. Sedangkan untuk velg belakang 3,5” dengan ukuran ban 120/70-17.
  • Lubang Kunci Jok, posisi ini cukup membuat OB pusing saat sedang mengisi bahan bakar. Jika tak biasa harus melihat dimana akan sedikit kesulitan karena posisi tangan menahan beban motor. Paling mudah menandai posisi lubang kunci jok ini adalah footstep boncenger sebelah kiri… nah posisi lubang kunci jok ini tepat diatasnya.

tampak-depan-supra-gtr-150

  • Lampu, untuk sistem penerangan dibagian headlamp, Supra GTR 150 sudah mengusung teknologi LED. Sedangkan sein dan lampu senja/kota masih menggunakan model bohlam. Begitu juga dengan stop lamp dan tail lamp yang juga masih menggunakan model bohlam.

lampu-belakang-supra-gtr150-3

  • Untuk varian warna Supra GTR 150 memiliki 2 varian yaitu Eksklusif dan Sporty. Untuk varian exklusif seperti gambar yang OB sertakan detailnya saat ini dengan material plastik polypropylene, jadi pewarna plastik langsung dari material plastiknya tanpa cat. Sedangkan tipe sporty sepertinya tidak menggunakan bahan polypropylene karena menggunakan warna cat metalik.
  • Behel belakang bermaterial logam
  • Desain tail lamp dan stop lamp meruncing menambah kesan sporty, begitu juga dengan fender atau spakbor belakang yang mengusung desain sporty. Meskipun demikian penampang ujung spakbor dibuat lebar untuk tetap mengakomodir fungsi pelindung cipratan air dari jalanan.

Semoga ulasan singkat detail Honda Supra GTR 150 kali ini bisa menjawab rasa penasaran pembaca sekalian. Jika ada yang menurut pembaca masih ada yang kurang bisa OB tambahkan nantinya. Honda Supra GTR 150 dengan kelebihannya saat ini benar-benar menjadi tekanan keras untuk kompetitornya, apalagi dalam hal performa tidak diragukan lagi sehingga tetap nyaman untuk perjalanan juah karena tenaga 150cc cukup mumpuni. (Mr.OB)

GALERI FOTO :

Advertisements

Sopan Berkomentar Kamipun Segan