Berharap Yamaha R15 DOHC Adalah MIMPI DI SIANG BOLONG !!

r15 indonesia

Pembaca sekalian, FN cukup tertarik dengan isu Yamaha R15 DOHC yang sekarang sedang booming di blogpshere. Seiring dengan akan diluncurkannya New Honda CBR 150R 2016 kini semakin terdengar informasi bahwa YZF-R15 juga akan mendapatkan penyegaran yang tak kalah seru dengan kompetitornya. Hmmm.. apakah memang benar project R15 DOHC ini ? FN akan mengulasnya kali ini…

FN sempat mendapatkan informasi beberapa bocoran Yamaha R15 yang sedang dilakukan test jalanan didampingi oleh produk yang disinyalir kuat adalah produk skuter matik Mio Z. Namun bukan Mio Z yang akan kita ulik kali ini melainkan Yamaha R15 nya sendiri yang perlu kita ulik lebih dalam. Disaat Yamaha R15 mulai menunjukkan penurunan penjualan yang cukup signifikan (*fn mengambil data dari bocoran rekan2 diler di area malang-pasuruan.. tp maaf secara nilai tidak FN buka disini) FN mendapati Yamaha mulai berbenah.

Berbenah dalam konteks ini adalah Yamaha masih cukup nyaman bermain-main di sektor tampilan dengan mengesampingkan ekspektasi konsumen akan ‘R15 Impian’ mereka. Impian yang FN maksudkan disini adalah tujuan Yamaha sendiri dengan ekspektasi konsumen tidak sejalan lurus dengan kondisi dilapangan. R15 DOHC FN sebut sebagai produk impian yang sampai jangka waktu kedepan yang cukup lama tidak akan terealisasi dengan semudah yang dibayangkan konsumen setia yamaha.

Namun apakah benar Yamaha R15 yang baru yang sedang dilakukan tes dijalanan tersebut seperti yang sudah di share fotonya oleh lek Kobay adalah Yamaha R15 DOHC ?? MAAF MEMBUAT ANDA KECEWA. Project Yamaha R15 akan cukup sulit melakukan migrasi untuk diubah mengaplikasikan mesin DOHC dari sebelumnya keukeuh dengan produk SOHC 4 Klepnya. Apa yang membuat FN cukup percaya diri bisa menyebutkan demikian?

R15 2016 Facelift

Dari bocoran informasi yang redaksi terima dari beberapa sumber internal yamaha, FN mencoba menarik kesimpulan bahwa menginginkan Yamaha YZF-R15 menggunakan mesin DOHC adalah impian konsumen di siang bolong karena memang tidak akan terealisasi sampai kapanpun. Apalagi dalam waktu dekat ini… itu sih IMPOSSIBLE Broh…

Yamaha menjadi satu ATPM yang FN lihat begitu keukeuh bahwa pengaplikasikan mesin DOHC pada kelas 150cc tidak memiliki urgensi apapun untuk diwujudkan. Mengingat secara teknis spesifikasi mesin dengan tipe SOHC 4 Klep saja sudah mengakomodir kebutuhan harian pengendara motor di indonesia. Kalau SOHC bisa mengapa harus memaksakan DOHC ?? Yup benar juga pemikiran yang satu ini, namun Yamaha lupa bahwa kebutuhan konsumen tidak hanya dilihat dari teknologi yang dirasa cukup untuk di akomodir melainkan tren penerapan teknologi yang memang terbukti lebih menjanjikan perlu untuk diikuti dengan tetap berkiblat pada persaingan sehat.

Yang menjadi alasan lain mengapa Yamaha R15 DOHC adalah project yang tidak mungkin terlaksana adalah diluncurkannya Yamaha Xabre 150 yang mengambil basis teknologi mesin dari Yamaha R15. Xabre 150 yang digadang-gadang akan memberikan kejutan dengan basis mesin baru DOHC 150cc ternyata juga jauh diluar ekspektasi publik… so kalaupun Xabre 150 masih SOHC, kenapa harus mengganti R15 dengan mesin yang berbeda jenis.

FN melihat Yamaha tidaklah antipati dengan teknologi DOHC, toh Yamaha R25 dan MT25 sudah membuktikan eksistensi Yamaha bermain di kelas Double Camshaft, namun saat harus memaksakan diri mengganti platform mesin YZF-R15 menjadi DOHC akan mencederai image produk R15 sendiri. Loh kenapa beranggapan demikian?

Begini brosis… YZF-R15 DOHC hanyalah impian konsumen dengan ekspektasi terlalu berlebihan. Bisa saja ini dilakukan yamaha, namun bagaimana dengan eksistensi produk sebelumnya dipasaran? Positioning produk dalam kacamata aftersales juga perlu dipertimbangkan kedepan. Kalau saja hanya menuruti ‘kata orang’ itu sih mudah.. namun tidak akan baik dengan image yamaha sendiri. Berapa banyak nantinya keluhan harga seken R15 yang saat ini berbekal mesin SOHC akan jatuh terjun bebas harganya dipasaran.

So bagi FN yang paling memungkinkan untuk dilakukan Yamaha adalah menciptakan Fresh Produk dikelas Sport Fairing yang akan menemani Yamaha R15 untuk bersaing di pasaran. Nah kalau begini Sport Fairing DOHC 150cc untuk Yamaha memungkinkan dan memiliki kans yang terbuka lebar…. tapi ingat bukan R15 yang sekarang yang dijadikan DOHC brosis. Namun dengan dikarenakan fresh produk, maka calon Sport Fairing DOHC yamaha akan menggunakan NAMA BARU dan tentunya memiliki Diferensiasi yang signifikan dengan R15 yang saat ini sudah ada. (~FN)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Tinggalkan Jejak Disini....