Bedah Teknologi Yamaha MIO M3 125 AKS SSS 2016, Kupas Tuntas Fitur SSS AKS & ECO !!

mio-m3-125-aks-sss-putih-coklat

Pembaca sekalian, terus terang admin masih cukup penasaran dengan motor matic terbaru yamaha yaitu Mio M3 125 AKS SSS. Motor skuter low-end yang dimiliki oleh yamaha indonesia ini tentunya sudah pasti membidik skuter matic kompetitor di segmen yang sama yaitu segmen matic termurah. Sekarang saatnya admin akan membedah sedikit demi sedikit apa itu fitur AKS maupun SSS yang nantinya mungkin akan disematkan pada hampir seluruh matic yamaha.

Mio M3 125 AKS SSS merupakan penyebutan nama baru yang sebelumnya menyandang nama Mio M3 125 Bluecore. Basis mesin masih menggunakan teknologi Bluecore untuk memperikan persaingan pada mesin eSP yang dimiliki rival kuatnya.

Diferensiasi mesin dengan sang rival sudah dipastikan lebih ber-performa dengan mengusung kapasitas mesin 125cc. Namun admin tidak akan membicarakan panjang lebar tentang urusan mesin hingga detailnya. Melainkan fitur AKS dan SSS yang perlu kita jelaskan untuk lebih memberikan pemahaman pada pembaca sekalian.

STOP & START SYSTEM (SSS)

Termasuk fitur baru di motor matic yamaha. Fungsinya mirip dengan ISS yang dimiliki matic honda dimana mesin motor mati otomatis saat mesin idle beberapa hitungan detik. Bermanfaat untuk memberikan efisiensi bahan bakar saat harus menunggu lampu merah traffic light.

Bagaimana cara kerja Stop & Start System ?

 

SSS memiliki Indikator SSS di panel dashboard speedometer. Jadi akan lebih mudah memantau jika aktif atau tidak. SSS dipicu dari saklar di panel saklar sebelah kanan kemudi, disana ada saklar ON/OFF untuk mengaktifkan dan me non-aktifkan SSS.

saklar-sss-mio-m3-125

So apa syarat-syarat yang dipenuhi untuk membuat SSS bekerja, pastikan saklar berada di posisi ON. Saat saklar ON, kita akan bisa melihat indikator SSS berwarna hijau menyala di dashboard speedometer di pojok kanan dengan lambang huruf A yang ada lingkaran panahnya.

sss-mio-m3-125_1

Sedangkan untuk melihat fungsi SSS (Stop & Start System) bekerja harus memenuhi syarat berikut ini :

  • Pastikan indikator SSS sudah menyala dengan menekan saklar SSS kearah ON
  • Pastikan handle gas menutup penuh, kalau handle gas dimain-mainin fungsi SSS tidak akan bekerja.
  • Mesin motor akan mati secara otomatis saat pengendara menghentikan motor minimal 5 detik
  • Saat mesin motor sudah mati otomatis, maka indikator SSS akan berubah dari menyala terus menjadi berkedip.

Sedangkan untuk kembali menyalakan mesin, tinggal memanfaatkan teknologi Quick Start dengan membuka gas sedikit saja, maka mesin akan kembali menyala dengan cepat. Bahkan klaim dari pihak yamaha, proses hidupnya mesin dari kondisi idle SSS bahkan lebih cepat dari kompetitor.

 

ADVANCE KEY SYSTEM (AKS)

aks-mio-m3-125-aks-sss-2

 Satu fitur lain yang tak kalah menarik dari SSS adalah AKS alias Advance Key System. Dari berbagai bocoran yang masuk ke meja redaksi motomaxone, AKS lebih berfungsi sebagai kunci multi fungsi dimana ada beberapa fungsi yang terdapat didalamnya.

Fungsi Answer Back System (MENEKAN TOMBOL 1X)

Tekan tombol remote yang terdapat pada anak kunci 1X maka fungsi Answer Back akan menyala, dimana fungsi ini biasa diperlukan untuk memudahkan pengendara menemukan motornya saat berada di area parkir yang luas.

Auto Open Key Shutter (MENEKAN TOMBOL 2X)

Jika sekali tekan maka fungsi Answer Back menyala, maka saat 2X tekan tombol remote akan berfungsi membuka lubang kunci secara otomatis dan akan ada lampu LED biru pada lubang kunci yang menyala.

Dari pengamatan admin, fungsi ini memberikan manfaat untuk memudahkan kita agar tidak susah-susah membuka shutter key secara manual. Sepertinya kompetitor belum menerapkan teknologi ini hingga sekarang. Sedangkan keberadaan lampu LED biru di lubang kunci untuk memudahkan kita mendeteksi lubang kunci saat kondisi gelap… admin pernah merasakan nih susahnya memasukkan anak kunci dalam gelap ^_^

 

speedometer-mio-m3-125-2

ECO INDICATOR (No.6)

Sebenarnya fitur ini bukan fitur baru pada produk Yamaha Mio M3 125 AKS SSS, karena pada generasi Mio 125 sebelumnya fitur Eco Indikator ini sudah ada bahkan jauh sebelum kompetitor di kelas low-end seperti Beat menerapkannya. Namun untuk sekedar flashback saja tentang fungsi eco indicator pada produk yamaha yang satu ini.

Eco indikator ini lebih berfungsi sebagai opsi pengendara yang menginginkan efisiensi bahan bakar tercapai. Dalam artian, jika ingin motor irit tinggal ikuti saja eco indikator tersebut. Dalam fungsinya untuk mencapai penggunaan bahan bakar yang seefisien mungkin, bukaan gas juga harus diperhatikan yaitu dengan dibuka secara perlahan… bukan asal betot gas untuk akselerasi.

Eco indikator bisa menyala pada range kecepatan 20 s/d 60 kpj dengan kecepatan stabil dan konstan. Mudahnya jika indikator ECO tidak menyala maka konsumsi bahan bakar normal sedangkan jika mempertahankan indikator menyalanya ECO maka iritnya bahan bakar akan bisa didapatkan.

Berbeda dengan Mio M3 125 Bluecore (STD), Mio M3 125 AKS SSS memiliki warna yang memang dibedakan untuk lebih jelas dijadikan pembeda. Ada 2 varian warna untuk Mio M3 125 AKS SSS ini, yang paling jelas bisa dilihat dari kulit jok nya yang berwarna kecoklatan. Sedangkan warna motornya sendiri yaitu coklat-putih dan biru-hitam.

2016 Yamaha Mio M3 125 AKS SSS Spesifikasi Lengkap :

Engine type : 125cc, 4-stroke, SOHC, Air Cooled
Fuel system : Fuel Injection
Dimension : length x width x height (1.870 mm x 685 mm x 1.035 mm)
Power Max : 7.0 kW (9.52 PS) @ 8.000 rpm
Torque Max : 9.6 Nm @ 5.500 rpm
Fill Weight : 94 kg
Tank Capacity : 4,2 liter
Frame : underbone
Transmision : automatic
Battery :  12V, 5,3 Ah
Front tyre : 80/90-14M/C 40P
Rear tyre : 70/90-14M/C 40P
Front brake : Cakram
Rear brake : Tromol

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Tinggalkan Jejak Disini....