Balancer Setang Original or Proguard Aksesoris ? Pahami Kualitas dan Fungsinya Untuk Motor Anda !!

Motomaxone.com — Piranti ini memang terlihat sepele, namun jika kehilangannya maka berpengaruh besar terhadap kestabilan kemudi motor anda. Keberadaan balancer atau jalu setang si cyubi CB150R memang tidak menarik. Kadang kala banyak yang menggantinya dengan hand guard motogp untuk menambah gaya, benarkan demikian ?

Banyak sekali pemilik CB150R mengganti balancer setang dengan proguard alias pelindung tangan ala motogp. Penampilannya jadi semakin menarik, mendongkrak kesan sporty dengan berbagai varian warna. Namun sayang, secara berat material, meskipun berbahan Aluminium CNC sekalipun, tidak lebih berat dari jalu setang originalnya.

Alhasil, karena lebih ringan dari balancer setang ori nya maka getaran pada kemudi lebih terasa, menjadi kurang stabil meredam getaran kemudi dan membuat kemudi menjadi tidak seimbang. Hal ini tentu mengganggu kenyamanan berkendara.

Sepenting apakah handguard menggantikan fungsi balancer setang ?

Jika melihat dari konteks perangkat pelindung saat motor terjatuh, bagi admin perlindungan maksimal untuk tangan anda tidak akan mungkin didapatkan dengan mengaplikasikan handguard. Saat anda terjatuhpun, tangan bakalan refleks lepas dari pegangan kemudi, hal ini penting agar anda tidak terseret motor lebih jauh.

Bagaimana dengan perlindungan pada handle kemudi, tuas kopling dan tuas rem ? Jalu setang atau balancer setang yang memiliki desain panjang dan berat lebih memiliki manfaat. Memiliki material dari besi tentu balancer setang original pabrikan memiliki kualitas lebih baik, baik untuk fungsi balancer ataupun untuk fungsi protektor.

Jalu setang yang didesain lebih panjang dari handle kemudi memberikan banyak manfaat. Saat terjatuh dalam kondisi parkir, maka jalu setang yang akan terlebih dahulu menyangga beban motor, sehingga body motor bisa terlindung dari kerusakan. Begitu juga saat jatuh dalam kondisi sedang berjalan. Jalu setang selain berfungsi sebagai balancer juga berfungsi sebagai slider, saat terjatuh maka jalu setang ini akan memutar sampai motor berhenti bergerak.

Dengan adanya jalu setang, handle gas tidak lebih dulu mengalami kerusakan sehingga handle gas bisa menutup bukaan gas sebelum terjatuh sehingga motor pun aman.

Dalam kondisi standar, Cyubi CB150R Stallion Black milik admin sudah dibekali dengan Balancer atau Jalu setang yang memiliki material yang kuat. Nggak kepikiran untuk menggantinya dengan gaya-gayaan ala handguard motogp yang sejatinya tidak terlalu diperlukan untuk kondisi pemakaian harian, apalagi secara material handguard aksesoris tidak lebih kuat dari jalu setang bawaan pabrik. Handguard juga tidak memiliki fungsi slider dan hanya memiliki sedikit fungsi penyeimbang karena dari sisi berat material terlalu ringan.

So, ingin modifikasi dengan part aksesoris aftermarket boleh-boleh saja namun nggak asal. Asal murah, asal keren, asal gaya… namun malah mengurangi fungsi yang sudah disediakan oleh pabrikan. Usahakan membeli aksesoris yang lebih baik fungsinya dari bawaan pabrik, kalau lebih jelek ngapain juga dibeli, mending kondisi standar saja sudah lebih dari cukup. (red)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Tinggalkan Jejak Ya Bro, Ngapunten Spam/Link Masuk Moderasi