Asal Mula Istilah ‘Tak’ Pada Mesin Sepeda Motor 2-Tak dan 4-Tak !!

Motomaxone.com – Istilah ‘tak’ pada mesin sepeda motor memang sudah familiar di telinga masyarakat indonesia. Ada yang memahami maksudnya sebagai pengertian dari langkah atau stroke. Namun nyatanya tidak banyak yang tahu dari mana asal kata ‘tak’ tersebut berasal. Mau tau nggak ?

Stroke atau langkah merupakan gerakan naik turun piston pada mesin yang bertujuan untuk menghasilkan daya untuk menggerakkan kendaraan. Jika 2-tak maka berarti diperlukan 2 langkah untuk menghasilkan pembakaran di dalam dapur pacu. Begitu juga dengan 4-tak maka diperlukan 4 langkah piston untuk bisa menghasilkan satu siklus pembakaran di dapur pacu.

Untuk menjelaskan dari mana asal muasal kata ‘tak’ digunakan, M. Abidin yang merupakan salah satu petinggi di Yamaha Indonesia angkat suara. ‘Tak’ berasal dari kata ‘Takt’ yang merupakan ejaan dalam bahasa belanda yang diserap menjadi ejaan indonesia dan digunakan sebagai istilah umum.

Seperti halnya crankshaft yang disini disebut kruk-as atau juga camshaft yang disebut dengan noken-as. Summer (musim panas) disebut sumer dan sebagainya.

Menurut Abidin, istilah teknis tersebut kebanyakan berasal dari belanda. Dan menurut saya mungkin karena lamanya dijajah belanda, maka banyak istilah kata dari bahasa belanda akhirnya digeneralisasi sebagai bagian dari istilah dalam sehari-hari di indonesia. (red)

BERITA LAIN :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *