Analisa Ringan Persaingan Sport Naked 150cc, All New CB150R Street Fire Masih Terlaris … Waspadai Kebangkitan All New Vixion !!

Motomaxone.com – Pasar sport naked 150cc memang tak sebanyak skuter matik. Namun disegmen motor sport, Sport Naked 150cc lah yang memimpin penjualan diantara motor-motor berlabel sport yang lain. Bagaimana kabar Yamaha Vixion ?

Dulu Vixion diberikan gelar sebagai Raja Naked Sport 150cc karena saking larisnya motor ini dikalangan penyuka motor sport (naked). Namun sekarang label Raja Naked Sport 150cc bukan lagi dimiliki oleh Yamaha Vixion (series).

Hal tersebut sudah terjadi cukup lama semenjak kehadiran All New Honda CB150R Streetfire (Honda CB150R V2.0). Upgrade performa mesin yang lebih baik dibandingkan CB150R V1.0, didukung dengan desain yang dirubah total menjadi lebih macho, modern, sporty dan futuristik disertai dengan teknologi kekinian (Lampu penerangan semua LED, Panel spido full digital, dsb) membuat motor sport 150cc andalan Honda ini mampu menang telak dibandingkan Vixion.

CB150R dan Vixion Series sejatinya adalah rival abadi. Keduanya saling berebut untuk mendapatkan perhatian konsumen sebagai motor yang paling diminati. Koreksi performa yang didapatkan CB150R generasi kedua dengan support mesin DOHC 4 klep dengan roller rocker arm ini  ini sontak membuat penjualan Vixion semakin tertinggal.

Mengapa demikian ? Ada beberapa poin penting yaitu Pertama, kehadiran New Vixion yang mengusung desain yang kurang proporsional dan cenderung tanggung (menurut saya) menjadi poin utama kekalahan generasi baru Vixion tersebut hingga saat ini. Ingat !! Untuk menang di pasar indonesia, desain motor menjadi bagian penting yang menentukan konsumen membeli atau tidak lho…

Kedua, adanya 2 versi New Vixion dengan perbedaan harga yang cukup jauh sehingga membuat konsumen pun dibingungkan karenanya. Lha wong desainnya sama, Vixion-R kok jauh lebih mahal dibandingkan yang bukan R dan juga dibandingkan kompetitornya.  So… usaha Yamaha yang sudah mati-matian melakukan upgrade performa (meningkatkan kapasitas mesin bla…bla…bla…) pada Vixion-R pun menjadi sia-sia alias secara penjualan tidak terlalu laris.

GSX-S150 milik Suzuki pun juga tak terlalu beruntung. Sama-sama mengusung orientasi performa sama seperti Vixion-R namun lagi-lagi desainnya yang kurang greget, sehingga sepinya peminat berimbas pada harga jual kembali yang terjun bebas.

All New CB150R memang tidak se-powerfull GSX-S150 dan Vixion-R, namun apalah arti keunggulan 1-2 daya kuda di jalanan jika tidak dibarengi dengan desain ciamik yang seharusnya memberikan kebanggaan tersendiri pada pemiliknya. Namun terus terang, keunggulan CB150R ini jika tidak dibarengi dengan penyegaran yang serius bakal membuat konsumen bosan juga meskipun desainnya masih cukup keren hingga detik ini dibandingkan kompetitornya.

Pada periode penjualan Maret 2018, Honda CB150R Street Fire kembali mencetak penjualan terbaik dikelasnya (sport naked 150cc). CB150R generasi kedua ini terdistribusi sebanyak 9.114 unit, ada peningkatan 27% dibandingkan februari lalu yang hanya mencapai 7.168 unit.

All New Vixion menguntit di posisi kedua penjualan dengan torehan sebanyak 7.166 unit, padahal dibulan sebelumnya generasi motor legendaris yamaha ini hanya terdistribusi sebanyak 2.508 unit saja. Beruntung lah, ada peningkatan yang cukup besar sebanyak 185 % dan setidaknya itu lebih baik ketimbang catatan yang didapatkan GSX-S150.

Suzuki sepertinya perlu mendesain ulang model GSX-S150 yang kurang photo genic tersebut. Meskipun performanya bisa diandalkan dengan dukungan mesin DOHC tanpa roller rocker armnya tersebut, nyatanya GSX-S150 hanya memperoleh 0 unit penjualan dibulan maret 2018. Yup, GSX-S150 tidak terjual satupun dan tren penjualannya pun menunjukkan kemerosotan sejak awal tahun lalu (Januari  44 unit, Februari 63 unit).

Dari penjualan All New Vixion, terlihat ada tren menarik dimana pada bulan maret lalu secara penjualan sudah menyamai penjualan CB150R dibulan februari. Peningkatan penjualan Vixion tersebut tentu bisa jadi didukung banyak faktor,

  • Seperti konsumen mulai bosan dengan CB150R yang mana populasinya semakin pasaran di jalan. #maybe
  • Konsumen sudah mulai ngeh, perbedaan All New Vixion dan All New Vixion-R ternyata tidak hanya berbeda dari segi harganya saja, namun performanya juga berbeda, begitu juga fiturnya juga berbeda seperti banyak konsumen yang tidak menyadari Vixion-R menggunakan swing-arm banana seperti halnya New R15, Assist & Slipper clutch hingga VVA pada teknologi mesinnya dan sebagainya.

So, Honda pun tidak bisa terlalu santai menanggapi meningkatkan penjualan All New Vixion ini. Secara desain New CB150R memang paling disuka oleh sebagian besar konsumen sport naked 150cc di indonesia namun produk ini bukan tanpa kelemahan, performanya harus menyesuaikan tantangan kompetitor berikut dengan melengkapi fitur-fitur dan teknologi yang lebih baik lagi. (red)

BERITA LAIN :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *