Analisa Ringan Duel Seru Honda-Yamaha di Kelas Skuter Matic Premium, Vario 150 Masih Kokoh di Puncak Penjualan !!

Motomaxone.com — Pembaca sekalian, melihat persaingan skuter matic premium di kelas 150cc memang cukup seru untuk diikuti. Terakhir kali, pemain baru datang adalah produk Yamaha Aerox 155 VVA. Namun apakah motor ini sudah mulai menampakkan taring ? atau malah pemain lama Vario 150 yang tetap kuat di posisinya ? yuk dibaca lebih lanjut..

Percaya atau tidak, kini pasar skuter matic premium mulai diminati oleh sebagian besar masyarakat. Sebut saja Honda Vario 150, Yamaha N-max 155 hingga Yamaha Aerox 155 VVA. Pengecualian untuk Honda PCX 150 karena motor ini masih masuk dalam daftar motor CBU (Completely Build-Up) sehingga pasarnya pun terbatas.

Terlepas dari masih banyaknya minat kepada motor matic berkapasitas mesin kecil, namun tidak bisa dipungkiri, pasar skuter matic premium semakin tumbuh berkembang. So kali ini kita akan lihat seksama perkembangan penjualannya.

Di pabrikan honda, skuter matic premium nyaris hanya diisi oleh Vario 150, sedangkan PCX150 tidak masuk hitungan karena banderolnya yang masih terpaut mahal karena belum diproduksi secara lokal. Sedangkan dari kompetitor kuat honda yaitu yamaha, kali ini sudah mengisi 2 produk dari line-up yang dimaksud, yaitu N-Max dan Aerox 155 VVA.

Secara logika nih, penambahan amunisi yang dilakukan yamaha dengan menghadirkan Aerox 155 VVA sebagai pendamping Nmax telah memberikan keuntungan bagi yamaha. Dimana konsumennya sendiri akan semakin nyaman dengan banyaknya pilihan yang dihadirkan. Namun fakta dilapangan ternyata berbicara lain….

Boro-boro yamaha semakin mendekati penjualan kompetitornya, namun malah kehadiran produk baru malah menggeser minat konsumen terhadap produk lama.

Masih ingat dengan prediksi admin tentang kehadiran Yamaha Aerox 155 VVA ? Saat itu admin mengungkapkan bahwa kekhawatiran terbesar akan kehadiran Aerox 155 VVA bukan dimiliki oleh Vario 150 yang menjadi target utama, melainkan saudaranya sendiri Yamaha NMAX. Saat itu admin memprediksi, kehadiran Aerox 155 justru akan menggerus pasar NMAX yang sudah tumbuh bagus, karena segmentasi produk dengan desain Aerox 155 ini semacam rasa NMAX namun dengan desain yang lebih SPORTY. Nah, prediksi motomaxone saat itu mulai menunjukkan bukti sekarang, nah loh…

Sekarang mari kita bedah target dan capaian penjualan produk tersebut. Honda dengan Vario 150 nya rupanya masih tak tersentuh hingga detik ini. Penjualan untuk Vario 150 konsisten di angka 35 ribu hingga 40 ribu unit motor setiap bulannya. Bagaimana dengan sang rival ?

Meskipun sama-sama mengusung tema skuter premium, admin melihat diferensiasi yang cukup signifikan antara Vario 150 dengan NMAX. Desain Vario 150 lebih modis, futuristik dan sporty, sedangkan Nmax lebih kearah elegan. Itu mengapa Aerox 155 VVA dijadikan pendamping agar menutupi celah kekurangan desain sporty dan futuristik yang tidak dimiliki NMAX.

Sebelum kehadiran Aerox 155 VVA, NMAX konsisten dengan penjualan 20 ribu unit. NMAX tercatat lebih sukses dari rival aslinya yaitu PCX 150 yang secara target penjualan tidak muluk-muluk karena termasuk dalam jajaran produk CBU yang sudah tentu lebih mahal.

Namun kehadiran Aerox 155 VVA ternyata kurang memberikan dampak pada pergeseran penjualan Vario 150 ke produk baru yamaha tersebut. Alih-alih penjualan yamaha meningkat drastis, kehadiran Aerox 155 VVA mulai mengikis penjualan saudaranya sendiri yaitu Yamaha NMAX. Buktinya penjualan NMAX mulai menurun dari angka 20 ribu unit..

Seperti bulan maret 2017 lalu dimana sedang gencarnya pemasaran Yamaha Aerox 155 VVA, penjualan motor ini sukses menyentuh angka 17.844 unit motor. Sedangkan jumlah penjualan Yamaha NMAX sendiri hanya mencapai sekitar 17.344 unit. Beberapa rekan yang lebih memilih Vario 150/125 lebih tertarik dengan desain body yang lebih slim, selera orang memang berbeda-beda. ada yang lebih suka karena desainnya, ada pula yang suka karena performanya, namun sejauh ini, Vario 150 membuktikan kokoh mengungguli kedua jagoan yamaha di segmen sejenis. (red)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *