All New MT-15 Yamaha Pengganti Xabre Yang Lebih Keren, Tapi….

Motomaxone.com – New MT-15 Yamaha model 2019 akhirnya dirilis juga. Bukan di indonesia, melainkan secara resmi di rilis di Thailand. Bisa jadi ini dikarenakan strategi marketing yamaha dimana dikesempatan yang sama di thailand sedang diselenggarakan gelaran motogp seri ke-15 di sirkuit Buriram Thailand.

Sembari menyelam minum air, begitu kiranya yang mendasari New Yamaha MT-15 ini dilaunching secara resmi untuk kali pertama di thailand, toh bisa mendatangkan bintang motogp Valentino Rossi dan Maverick Vinales lebih mudah ketimbang harus dirilis perdana di indonesia.

Pertama kita harus katakan GOOD JOB pada Yamaha kali ini. Setelah M-Slazh atau Xabre gagal total dikancah persaingan sport streetfighter tanah air, kini motor baru yang diproyeksikan sebagai penggantinya bisa penulis katakan lebih mbois dan lebih berkarakter MT series.

Sekilas Yamaha MT-15 ini bisa dibilang sebagai baby MT-09 karena konsep desain body keseluruhannya hampir mirip dengan Yamaha MT-09 baik itu disektor buritan hingga lampu depan bak robot transformer.

Mencirikan motor streetfighter yang tulen, yamaha tetap membekali MT-15 dengan sepasang velg bertapak lebar dan ban gambot. Suspensi depan upside-down dengan didukung suspensi monoshock dibelakang, tak ketinggalan pula warisan Xabre yaitu swing-arm banana masih dipertahankan.

Desain dan lekukan shroud menuju ke tangki mengingatkan penulis pada Yamaha Byson generasi pertama. Tetap terlihat jangkung seperti Yamaha Xabre, namun yang menjadi pembeda adalah yamaha MENGKOREKSI riding position pada MT-15 ini sehingga tidak seperti Xabre dimana banyak dikeluhkan model tangkinya terlalu kecil dan pendek sehingga pengendara menjadi terlalu dekat ke kemudi, secara estetika juga jadi terasa aneh kan, sedangkan pada Yamaha MT-15 kali ini lebih terlihat proporsional karena desain tangkinya lebih panjang ke belakang.

Dari sektor mesin, terlihat sekali platform mesin nya sama dengan yang digunakan oleh R15-VVA dan Vixion-R dimana sudah dipastikan Yamaha MT-15 kali ini menggendong mesin 155cc yang disemati dengan teknologi pasaran yamaha dimotor 150cc yaitu VVA.

Speedometer, lagi-lagi yamaha masih memanfaatkan commont part dengan motor lainnya. Bisa brosis intip sendiri, spidometernya persis sama dengan yang digunakan Vixion-R dan New R15 VVA. Padahal secara estetika, penulis lebih suka panel spido ala xabre namun kelemahannya tidak dibekali gir indikator pada spido yamaha xabre.

Desain lampu depan Yamaha MT-15 yang bagi penulis menjadi yang paling fresh dan baru dari semua yang ada pada MT-15. Disaat banyak kompetitor menggunakan lampu depan LED dengan multi reflektor, Yamaha MT-15 hadir tanpa adanya reflektor namun digantikan dengan model Projector LED berbentuk bulat minimalis dibagian bawah, sedangkan LED diatasnya hanya berfungsi sebagai pemanis tampilan saja macam LED lampu kotanya MX King.

Desain lampu belakang tak seberapa spesial bagi penulis, mirip dengan Xabre dan Vixion-R, yang membedakan dengan 2 motor yamaha indonesia itu hanyalah body yang membalutnya, lebih bagus MT-15.

Kekurangan lain..

  • Lampu sein didepan dan belakang masih mengusung model lampu bohlam jadi tidak sepenuhnya membuat MT-15 terlihat menarik dari pengamatan penulis.
  • Desain silincer knalpotnya terlalu panjang, kurang pas dengan desain MT-15 yang berkonsep streetfighter secara keseluruhan.
  • Spion model pasaran motor yamaha, mulai dari Jupiter Z1 hingga MT-15 memakai model spion ini. Padahal motor ini akan diproyeksikan untuk dibanderol diatas yamaha xabre tentunya…. so apa kata dunia ?? :mrgreen:

Overall, jika diteliti dengan seksama ternyata banyak juga commont part dari motor lain yang disematkan pada Yamaha MT-15 seperti platform mesin, spidometer, suspensi upside-down, swingarm banana, spion dan lainnya, jadi sejatinya motor ini juga nggak terasa baru-baru amat. Namun Good Job disini penulis berikan sebagai apresiasi pada yamaha yang sudah merancang MT-15 lebih aneh lagi dari Xabre meskipun MT-15 menang dari sisi proporsionalnya desain.

Dari kelebihan dan kekurangan yang ada pada Yamaha MT-15, penulis melihat ada sisi kelebihan lain yang dimiliki MT-15 yaitu jok tandemnya yang terlihat lebih lebar dibandingkan motor sport 150cc di indonesia pada umumnya. Baik space jok pada pengendara maupun boncenger terlihat cukup lebar yang tentunya bakal meningkatkan kenyaman saat dipakai jalan nantinya.

Namun jangan berharap motor ini bakalan laku keras di pasar indonesia nanti, karena dari pengamatan penulis, dari desainnya saja sudah memperlihatkan kalau motor ini masih menyasar pada segmen terbatas konsumen, bukan seperti CB150R yang cocok untuk semua kalangan usia.

GALERI FOTO credit by tmcblog n iwanbanaran

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Tinggalkan Jejak Disini....