AHM Buka Suara Terkait Kejadian Honda CRF150L Yang Viral Terbakar di Media Sosial

Motomaxone.com – Pembaca sekalian, beberapa hari ini saya melihat berita viral di media sosial tentang tragedi yang dialami oleh Honda CRF150L. Motor ini sejatinya merupakan produk terbaru AHM (Astra Honda Motor) di kelas trail 150cc. Kejadiannya motor CRF150L milik salah satu konsumen ini terbakar seperti video yang sudah viral tersebut..

Adalah akun roda2blog yang kebetulan juga merupakan salah seorang rekan blogger asal ponorogo jawa timur yang memposting video terbakarnya Honda CRF150L tersebut. Sontak netizen pun dibuat gaduh dengan berita ini. Hal tersebut terjadi tidak lain karena motor ini termasuk motor baru, dan masyarakat pun terheran-heran mengapa sampai mengalami kebakaran.

Untuk itu perlu dirunut nih kronologinya untuk tujuan agar tidak terjadi debat kusir berkepanjangan. Dari akun yang memposting tersebut pulalah ada keterangan bahwa adanya konfirmasi mengenai modifikasi ekstrem yang dilakukan pemilik terhadap Honda CRF150L tersebut.

Salah satunya adalah mengubah sistem pengkabutan bahan bakar dari bawaan pabrikan injeksi diubah menjadi karburator. Nah saat digunakan turun beraksi di arena off road, karburator mengalami kebocoran sehingga menyambar ke kabel busi yang mengalami sobek saat terjatuh. Hal ini memang bisa dialami, pasalnya kabel koil ke cop busi memang berada tepat dibawah tangki bahan bakar.

Seingat saya, ubahan dari injeksi ke karburator termasuk ubahan berat yang secara garansi resmi tidak akan bisa diklaim karena kesalahan penggunanya sendiri. Mengapa berat ? bukan hanya sistem pengkabutannya saja yang dirubah, namun sistem pengapian pun harus turut dirubah.

Kejadian ini tentu menjadi isu nasional di dunia otomotif tanah air. Oleh karena itu, pihak AHM pun akhirnya bersuara. Senior Analyst, New Model Service & Publication Department AHM Sarwo Edhi menjelaskan bahwa CRF150L yang terbakar dan viral videonya di internet tersebut sudah mengalami modifikasi. Perkiraan terbesar, modifikasi itulah yang menjadi penyebab terbakarnya motor tersebut.

Beliau menambahkan, dikarenakan ubahan tersebut pemilik tidak mendapatkan hak garansi dikarenakan modifikasi tersebut memang sebaiknya dilakukan oleh ahlinya.

Tanggapan dari Bpk. Sarwo Edhi ini berbeda dengan Thomas Wijaya yang menjabat sebagai direktur pemasaran AHM. Dikutip dari beberapa media mainstream, beliau tidak mau bicara banyak terkait kejadian tersebut. Namun beliau memastikan Honda CRF150L dengan teknologi injeksi PGM-FI nya yang saat ini sudah dipasarkan sudah memenuhi standar kualitas terbaik jadi aman digunakan oleh konsumen.

Nah, dalam hal ini tentu sudah pada jelas brosis. Di kota malang sendiri, dari pantauan saya Honda CRF150L sudah mulai mengisi bengkel-bengkel komunitas trabas di kota malang berikut juga terlihat sudah dimodifikasi ala motor off road. Dan beruntungnya sejauh ini konsumen di malang belum ada yang mengalami kejadian tersebut. So perlu berfikir ulang terhadap resikonya jika ingin memodifikasi motor milik anda ya brosis. (red)

Video :

BERITA LAIN :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Tinggalkan Jejak Disini....