9 Alasan Memilih All New Honda CB150R Sebagai Tunggangan Baru, Nomer 3 dan 4 Penting Untuk Diketahui !!

Motomaxone.com — Pembaca sekalian, keputusan admin membeli motor baru dengan basis brand Honda sedikit banyak mengundang pertanyaan pembaca ataupun rekan-rekan admin. Mengapa demikian ?

Jika diibaratkan seorang pembalap motogp, sudah 10 tahun admin bergabung dengan yamaha dengan memiliki Jupiter MX generasi 2007. Dimasanya, motor ini begitu booming penjualannya. Sampai-sampai menjadi sasaran empuk untuk dijahilin bermacam tema modifikasi.

Oprek sedikit saja, performa Jupiter MX menjadi lebih maksimal. Bahkan motor ini menjadi rival sepadan Satria FU150 karbu saat itu yang memiliki kapasitas mesin yang lebih besar. Meskipun pada kenyataanya, untuk menyamai FU150 ya perlu di bore up juga dengan kapasitas yang sama atau bahkan lebih besar hehe… tapi gak ada yang tau juga kalau MX kamu sudah di upgrade 200cc sekalipun.

Memiliki motor yamaha ini selama 10 tahun menjadikan admin mengenal betul karakter dan masalahnya. Ini adalah perjalanan admin bersama si biru BlueMX. 10 tahun berselang, sudah saatnya admin mengganti motor tunggangan. Pilihan saat ini makin beragam, maksud hati ingin mengambil motor berbasis moped eh keluarga malah lebih setuju upgrade ke motor sport, paling dekat ya berkapasitas 150cc.

Saat sudah memutuskan membeli motor sport 150cc jadi bingung lagi. Sport naked atau sport fairing ? berbagai pertimbangan seperti ergonomi yang lebih bersahabat untuk penggunaan harian, admin putuskan memilih sport naked. Disini tetap saja masih bingung lagi… :mrgreen:

Ada 3 pabrikan yang menawarkan motor bertipe naked sport yaitu Honda CB150R, Yamaha New VIXION dan Suzuki GSX-S150. Semuanya keren bagi yang suka, namun diantara ketiganya tetap ada kelebihan dan kekurangannya.

Setelah memilah dan memilih dengan berbagai pertimbangan, pilihan pun jatuh ke unit motor Honda CB 150R varian Stallion Black versi Special Edition. Apa yang mendasari admin memilih hijrah ke Honda untuk motor kedua ini ? jawabnya adalah banyak hal, lebih enak admin buat dengan sistem poin aja ya bro….

  • DESAIN, New CB 150R menurut admin paling bagus, proporsional dari berbagai sisi ketimbang kompetitornya. Modelnya juga termasuk futuristik dengan sudut tajam dan lancip dan bergaya modern. Admin nggak akan membahas kekurangan desain kompetitor dalam hal ini…
  • WARNA, admin kepincut dengan varian Stallion Black ini yang mana warna ini tidak dimiliki kompetitor lainnya. Body yang dibalut hitam dof beserta rangkanya ini membuat motor ini berkesan eksklusif dijalanan, siluetnya gold di bagian kedua velg dan striping garis diatas tangki. Kebanyakan dijalanan saat ini malah CB150R rangka merah dan velg merah edisi 2016. Pasti belum pada tahu ada Stallion Black ya hehe….
  • LAYANAN AFTERSALES, setelah 10 tahun mengetahui pelayanan Y secara keseluruhan. Admin memutuskan berhenti di usia MX yang ke 10 tahun. Kini giliran menikmati layanan Astra Honda Motor yang dikenal memiliki service excellent yang paling baik (menurut pilihan konsumen) diantara pabrikan lainnya. Btw, jangan kaget dengan bawelnya admin saat komplain nanti ya Honda hehe…
  • PERFORMA, sudah bosan dengan mesin SOHC, kini ingin menjajal DOHC honda, meskipun tidak secara harian melakukan test ride, dulu waktu mendapat kesempatan turing ke pantai camplong madura, admin mengenal betul performa mesin CB 150R cukup mumpuni untuk diandalkan dalam berkendara sehari-hari. Semoga si CYUBI nggak kaget dengan riding style admin yang ’push the limit’ kalau keburu-buru xixixi. Diatas kertas, performa CB 150R dibandingkan 2 kompetitor kuatnya saat ini adalah yang paling kecil. Namun power maksimum 16.9 PS dan Torsi 13.8 Nm sudah lebih dari cukup untuk kondisi harian dan luar kota menurut admin. Apalagi keunggulan performa kompetitor diatas kertas berkisar antara 2 PS saja, belum terlalu penting untuk saat ini dijadikan sebagai prioritas pilihan. Itu menurut admin, kalau orang lain nggak tau juga ya. Toh performa yang dimiliki CB 150R ini menurut admin masih lebih baik ketimbang Satria FU150 karbu (16 PS) yang disukai para speed freak dimasanya atau Vixion generasi pertama sampai generasi NVA (15 PS naik ke 16.5 PS) yang merupakan generasi paling laris dari sport 150cc yamaha. So performa CB 150R saat ini sudah cukup untuk kebutuhan admin yang mulai kurang doyan ngebut sekarang. Kedepan Honda wajib upgrade performa tuh supaya bisa head to head dengan performa baru produk kompetitor.
  • JOK, untuk tipe naked sport admin kurang setuju dengan penggunakan jok terpisah, kesannya akan terlalu nungging. Kurang nyaman tentunya untuk boncenger. Jadi admin lebih suka desain jok CB150R ini dan rivalnya dari Y.

 

  • BEHEL BELAKANG, pilihan tepat bagi honda mempertahankan behel (pegangan) di bagian atas belakang dimana disaat yang sama 2 kompetitor dari Y dan S malah menghilangkannya. Dengan mempertahankan behel ini, bisa admin fungsikan untuk tempat pengikat saat membawa barang bawaan. Seperti tabung elpiji 3 kg atau galon air. Kalau nggak ada behel bakal lebih repot untuk pegangan talinya. So, motor keren juga harus fungsional dong… bukan buat nampang doang. Betul…betul….

  • TANGKI LOGAM, secara desain tangki kondom memang lebih berbentuk ketimbang tangki dari bahan logam. Namun admin tetap menjatuhkan pilihan ke motor yang memiliki tangki bukan kondom alias tidak ber-cover.
  • LED LIGHT, admin lebih suka dengan produk dengan teknologi LED. Kebetulan pula, semua lampu yang dimiliki Honda All New CB 150R mengusung teknologi LED. Mulai dari Headlight, Lampu Belakang hingga Lampu Sein semua menggunakan LED. Sayangnya kelebihan CB 150R ini tidak diikuti 2 kompetitornya yang masih tanggung mengaplikasikan LED.

  • DIGITAL DASHBOARD, All New CB150R sudah mengusung panel spidometer digital. Lho semua kan sudah digital juga, iya memang namun untuk poin ini adalah tambahan kelebihan yang dimiliki CB 150R dari poin-poin kelebihan yang sudah ada diatas. Istilahnya poin plus-plus lah, apalagi pada panel digitalnya sudah ada jam digital yang sangat membantu admin saat ingin mengetahui waktu saat itu. Jadi nggak repot lihat jam tangan atau mengeluarkan HP terlebih dahulu.

Terus apa kekurangannya CB 150R ? Berikut menurut admin…

  • Tidak ada Saklar Engine Stop. Sebenarnya nggak penting-penting juga sih. Namun banyak yang beranggapan, termasuk admin bahkan adanya Saklar Engine Stop bisa mengamankan motor saat anak anda jahil mencoba menghidupkan motor atau saat akan digondol maling. Kemudian, Saklar Engine Stop juga sebagai bypass untuk mematikan mesin motor sesaat. Jadi nggak repot harus puter-puter kunci kontak. Toh motor sport memang afdol rasanya jika dibekali saklar ini.
  • Tidak ada Saklar Pass Beam. Bagi admin saklar pass beam ini sangat penting untuk memberikan perhatian pada pengendara lain dengan waktu yang cepat. Memang bisa digantikan dengan hi-low beam bergantian, namun kurang efisien secara waktu. Toh All New CBR 150R sudah punya saklar pass beam kenapa CB 150R tidak. Apalagi masing-masing kompetitor sudah pada dibekali, so upgrade CB 150R selanjutnya harus ada nih saklar pass beamnya. Penting buat lampu tembak pengendara2 yang tengil dijalanan :mrgreen:
  • MID Digital Spidometer belum cukup lengkap. Seperti Fuel Average, dimana 2 kompetitor dipastikan sudah memiliki, maklumlah mereka diproduksi dengan memiliki kelebihan yang tidak dimiliki CB 150R karena lahirnya juga duluan All New CB 150R ketimbang Vixi baru dan GSX-S150. Sepenting apa sih ? Bagi admin ya lumayan penting sebagai indikator efisiensi bahan bakar dari motor kita, jika admin mengukur konsumsi BBM dengan metode Full to Full, ini terlalu ribet untuk dilakukan orang umum. Nah kalau ada Fuel Average kan semua konsumen bisa membaca efisiensi BBM motor mereka masing-masing dengan mudah. Selain itu, belum ada juga Oil Change Indikator pada MID, ini juga perlu dan penting sebagai pengingat pemilik kendaraan untuk mengganti Oli mesin.
  • Yang lain ?

Yah sabar dong, wong pemakaian pribadi aja masih di angka 833 KM doang kok. Kalau ada kekurangan yang admin temukan nantinya admin bagikan untuk brosis semua. Btw, kalau untuk review kekurangan pada riding CB 150R sepertinya sudah pernah admin ulas kok di turing ke pantai camplong beberapa tahun lalu. Nah sudah terjawab kan rasa penasaran kenapa admin sekarang memilih si CYUBI. (red)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Tinggalkan Jejak Disini....